Rakor Lintas Sektoral Polda DIY untuk Persiapan Operasi Ketupat

MUS • Friday, 14 Apr 2023 - 09:35 WIB

Yogyakarta - Rapat Koordinasi Lintas Sektoral digelar di Gedung Anton Soedjarwo, Mapolda DIY Kamis, 13 April 2023. Dipimpin langsung

Wakapolda DIY Brigjen Pol R. Slamet Santoso. 

Rakor kali ini dalam rangka mempersiapkan penggelaran Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat 2023.

Mengawali kegiatan, Wakapolda memaparkan bahwa berdasarkan survey yang dilakukan oleh Kemenhub melalui BKT, diprediksi pergerakan masyarakat libur lebaran tahun ini mencapai 123,8 juta orang.

"Jumlah tersebut meningkat 14,2% dari prediksi pergerakan masyarakat saat lebaran 2022 lalu yang hanya 85,5 juta orang (31,6%) dan tahun 2023 123,8 juta orang (45,8%)," ungkapnya.

Dirinya menambahkan musim mudik tahun ini akan didominasi oleh pergerakan masyarakat dari Pulau Jawa yaitu sebesar 62,5% atau sekitar 77,3 juta orang.

Ops Ketupat merupakan operasi terpusat yang dilaksanakan untuk menciptakan rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1444 H.

"Selain itu operasi ini juga bertujuan untuk mewujudkan arus mudik/balik yang lancar dan menurunnya jumlah pelanggaran dan laka-lantas serta fatalitas korban laka-lantas," beber Wakapolda.

Dalam Ops Ketupat Progo tahun ini Polda DIY melibatkan setidaknya 1.932 personel dari Polda DIY dan Polres Jajaran serta turut melibatkan personel dari instansi terkait sebanyak 1.803 orang.

Tak hanya menggelar ribuan personel, pada libur lebaran kali ini Polda DIY juga mendirikan setidaknya 20 Pos Pengamanan, lima Pos Pantau, dan lima Pos Pelayanan yang tersebar di seluruh DIY.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh Pejabat Utama Polda DIY, para Pejabat Forkopimda DIY dan pemangku kepentingan. (Yof)