Persiapan Mudik Lebaran Idul Fitri 2023, Jubir Kementerian PUPR: 70 Ruas Jalan Tol Siap Digunakan

LAN • Thursday, 13 Apr 2023 - 12:08 WIB

Jakarta - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023, tak sedikit dari masyarakat yang ingin melakukan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Keinginan tersebut didukung dari semakin terkendalinya virus Covid-19 saat ini. Sehingga, banyak dari mereka yang ingin cepat-cepat berkumpul dengan seluruh keluarganya untuk melepas rindu.

Melihat antusias itu, pemerintah akhirnya berupaya untuk mempersiapkan kegiatan mudik dengan sematang mungkin. Hal itu diperkuat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang saat ini tengah mempersiapkan infrastruktur darat, khususnya pada bidang jalan nasional dan jalan tol.

“Untuk jalan nasional yang berada di seluruh Indonesia, saat ini persiapannya sudah mantap 92% dengan panjang mencapai 47.000 kilometer. Sedangkan untuk jalan tol, saat ini sudah ada 70 ruas jalan yang beroperasional dengan panjang mencapai 2.624 kilometer,” ujar Endra S Atmawidjaja, Juru Bicara Kementerian PUPR dalam wawancara Trijaya FM, Kamis, (13/04/2023).

Endra menambahkan, saat ini sudah ada 11 ruas jalan tol baru yang akan difungsikan di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera dengan panjang mencapai 224 kilometer. Dimana 7 ruas jalan diantaranya berada di Pulau Jawa dengan panjang mencapai 87 kilometer dan 4 ruas jalan lainnya berada di Pulau Sumatera dengan panjang mencapai 137 kilometer.

“Dalam mengantisipasi penumpukan antri di jalan tol, kami telah mempersiapkan petugas-petugas di jalan tol. Karena seperti yang kita tahu, banyak dari masyarakat yang mungkin mengalami kejadian seperti saldo e-tollnya habis atau lupa dibawa, sedangkan jalan tol itu kan sekarang sudah semakin panjang kilometernya, jadi gak mungkin dong kalau mereka balik lagi ke rumah? Jadi makanya kita antisipasi dengan cara seperti itu,” tutup Endra S Atmawidjaja. (Savira)