FILM 65 Kembalikan Kengerian Dinosaurus

LAN • Thursday, 13 Apr 2023 - 10:56 WIB

Genre: Thriller, Sci-fi

Sutradara: Scott Beck dan Bryan Woods

Pemeran: Adam Driver, Ariana Greenbaltt, Chloe Coleman

Durasi: 1,5 jam

Distributor: Sony Pictures Indonesia

Mulai tayang di bioskop Indonesia: 12 April 2023

 

65 juta tahun lalu, manusia dari planet lain terdampar di Bumi kita. Seorang pilot pesawat antargalaksi, Mills (Adam Driver), mengangkut sekelompok besar penumpang, menjelajahi luar angkasa. Namun, moda transportasi mereka mengalami kecelakaan.

Mills selamat bersama seorang penumpang, anak perempuan bernama Koa (Ariana Greenblatt). Keduanya harus berjalan sekitar 15 kilometer di hutan belantara, untuk mencapai pesawat penyelamat, yang bisa membawa keluar dari tempat mengerikan ini.

Bagaimana tidak, Mills dan Koa menghadapi medan perjalanan yang berat, curam, mulai dari anak gunung api, danau, perbukitan, goa, dan tebing terjal. Binatang-binatang aneh pun mengintai. Tantangan paling berat adalah kehadiran binatang prasejarah paling mengesankan, dinosaurus.

Makhluk yang lama kelamaan diceritakan dalam cerita layar lebar lain, bisa berdampingan dengan manusia, di "65" dinosaurus dikembalikan ke sosok mengerikan dan tanpa ampun menyerang musuhnya. Berbagai spesies dinosaurus pemangsa pun bermunculan sepanjang pengalaman Mills dan Koa.

Ketegangan dicampur kebingungan setiap saat, diekspresikan secara sangat pas oleh Adam Driver, yang mengaku mustahil menolak peran tersebut. Kesempatan tak dilewatkan Driver, untuk memainkan pertarungan fisik dalam bertahan hidup, seiring pertarungan emosionalnya.

"Setiap skala pembuatan film ini, menarik minat saya dan tidak ada pengalaman yang sama. Tampak seperti ayunan besar yang unik, karena ada dinosaurus, jadi skalanya besar, tetapi memiliki ruang untuk karakter yang bijaksana dan tema 'overall' besar, sekaligus sangat menghibur," ungkap bintang Star Wars: The Force Awakens tersebut.

Dia beradu akting dengan aktris remaja Ariana Greenblatt. “Koa adalah gadis yang manis, lugu, berani, dan ingin tahu. Dia bertumbuh selama film, mulai dari ketakutan, liar, seperti kucing, gelisah – dan menjelang akhir, dia menemukan keberaniannya," jelas Greenblatt.

Suasana hening dengan sesekali suara mengagetkan, menjadi ciri khas sepanjang "65". Terdapat keterbatasan dialog antara Driver dan Greenblatt, menambah kesan menegangkan.

“Ini tentang semua hal terbaik yang dilakukan sinema – visual, suara, musik, pertunjukan. Kami sangat terinspirasi oleh pembuatan film bisu, dan bersandar pada prinsip-prinsip dasar sinema tersebut – menggunakan alat minimalis ini untuk menceritakan kisah dalam skala yang paling epik,” kata salah satu sutradara, Bryan Woods.

Rekannya Scott Beck menjelaskan pelajaran klasik mereka saat terlibat dalam penulisan "A Quite Place". “Kami memiliki mantra: 'ini tentang apa yang tidak Anda lihat,' itu sangat berperan di A Quiet Place, karena berperan penting saat kami tumbuh di film seperti Jaws. Seluruh film dibangun di atas mantra itu – gagasan bahwa ada sesuatu yang berbahaya dan misterius di luar sana di lingkungan ini yang harus melibatkan Mills dan Koa. Kami menggunakan desain suara, kami menggunakan kamera, kami menggunakan desain produksi untuk menyarankan apa yang ada di luar sana, dan hanya pada saat yang tepat kami akan mengejutkan penonton,” tutur Beck.

Thriller sci-fi "65" sedang tayang di bioskop Indonesia, cocok untuk penggemar dinosaurus yang dewasa.