Penitipan Gratis Kendaraan Bermotor di Polsek untuk Pemudik Lebaran 2023

LAN • Thursday, 13 Apr 2023 - 10:46 WIB

Jakarta - Selama periode mudik Lebaran, masyarakat yang hendak mudik dapat menitipkan kendaran bermotornya di Kantor-kantor Polsek, Polres, Kodim, dan Koramil. 

Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan, hal ini dilakukan untuk menghimbau masyarakat agar tidak menggunakan motor sebagai alat transportasi perjalanan jarak jauh.

“Bisa dititipkan di Polsek, Kantor Polisi, maupun Kantor Kodim, maupun Kantor Koramil. Sehingga diharapkan masyarakat disarankan untuk tidak menggunakan sepeda motor. Karena sepeda motor ini memang bukan untuk perjalanan jarak jauh. Kita menghimbau betul untuk itu demi keselamatan masyarakat sendiri,” kata Latif dalam program Trijaya Hot Topic, Kamis (13/4/2023).

Ia menyampaikan bahwa penitipan kendaraan bermotor tersebut tidak dipungut biaya.

“Itu gratis. Itu di Polsek, di Polres, maupun di kodim, koramil, Bapak Kapolda sudh koordinasi dengan Bapak Pangdam untuk bisa menjadi lokasi penitipan untuk dimanfaatkan masyarakat,” ujar Latif.

Pengamanan terkait mudik Lebaran akan dilakukan oleh Polda Metro Jaya mulai Jumat (14/4/2023). Polda Metro Jaya siap menyediakan Pos Pengamanan (Pos PAM), Pos Pelayanan (Posyan), dan Pos Terpadu, dengan tujuan menjaga keamanan keberlangsungan arus mudik Lebaran 2023.

“Perkiraan kami mulai tanggal 14 besok masyarakat di Jakarta juga sudah ada mau ada yang mulai keluar. Walaupun nanti pelaksanaan operasi mulia tanggal 17 yang memang nanti puncaknya tanggal 18 dan 19, kami mendahului,” tutur Latif.

Penitipan kendaraan bermotor adalah salah satu upaya polisi dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat terutama saat masa liburan maupun hari besar lainnya. Latif menekankan pentingnya keselamatan diri agar dapat masyarakat dapat bersilahturami bersama keluarga dengan aman. (Salsa)