Persaingan Makin Kompetitif, RS Premier Surabaya Hadirkan CT Scan Tercanggih

MUS • Thursday, 13 Apr 2023 - 09:32 WIB

Surabaya - Rumah Sakit Premier Surabaya (RSPS) meluncurkan CT scan 512 Slices dengan teknologi terbaru dari GE Revolution. CT scan teknologi ini baru dimiliki oleh 3 rumah sakit  di Indonesia dan merupakan satu-satunya di Jawa Timur.

CEO RSPS dan Interim COO Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia (RSDH ID) dr.Hartono Tanto mengatakan, kehadiran alat canggih ini akan memudahkan para tenaga medis dan dokter di RSPS dapat mendeteksi kelainan yang diderita oleh pasien serta memastikan lokasi infeksi dan pembekuan darah sehingga dapat menentukan tindakan yang ingin dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan akurat.

"RSPS sangat memperhatikan percepatan penegakan diagnostik sebagai salah satu pemeriksaan penunjang yang sangat penting dalam menentukan diagnosis penyakit serta tingkat keparahannya," ujar dr.Hartono Tanto di Surabaya.

Dia menjelaskan, teknologi CT scan 512 Slices tersebut dapat menghasilkan sebuah pencitraan yang sangat baik, dengan waktu pemeriksaan yang jauh lebih cepat serta tingkat radiasi yang rendah, sehingga tidak hanya memudahkan dokter namun juga lebih nyaman bagi pasien.

"RSPS berkomitmen untuk terus berinovasi,menghadirkan teknologi serta tenaga kesehatan yang berkualitas secara berkesinambungan, agar masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya dapat memiliki fasilitas kesehatan yang tak kalah hebat dari kota-kota besar lainnya di Indonesia atau bahkan tak kalah hebat dari negara-negara tetangga kita," ungkap dr. Hartono.

Sementara itu Spesialis Radiologi, Dr.dr.Rosy Setiawati, Sp.Rad (K) mengatakan, CT scan 512 Slices memiliki jumlah yang sangat banyak sehingga gambar yang bisa diambil akan lebih kecil dan lebih sulit. Diantaranya bisa mendeteksi kasus silent stone pada batu saluran kemih.

"Alat USG bagus untuk screening tetapi dr sisi presisi tidak bagus karena tidak bisa menentukan lokasinya secara tepat, apalagi jika batunya kecil. Semakin baik resolusi ct scan akan menjadi lebih baik dalam memberikan informasi," katanya.

Selain itu, radiasi CT scan 512 Slices 50% lebih rendah dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

"Kini pemeriksaan CT scan dapat dilakukan pada pasien hingga berat badan 336 kg, sebelumnya hanya hingga 150 kg. CT scan 512 Slices ini dapat menangkap denyut jantung hanya dengan sekali satu detakan sehingga dapat disebut #oneheartbeatscan," pungkasnya. (Her)