The Life and Building Safety (LABS) Initiative Berkembang ke Indonesia

ANP • Wednesday, 12 Apr 2023 - 22:39 WIB

JAKARTA - Bersama dengan Archetype, LABS memulai kegiatannya untuk memodi"kasi Standar dan Metodologi LABS untuk Indonesia dengan mempertimbangkan persyaratan hukum di Indonesia yang akan digunakan untuk mengukur/melakukan assessment terhadap pabrik pakaian jadi, alas kaki, dan asesoris pada keselamatan struktural, kebakaran, dan kelistrikan parameter.

Hari ini, 11 April 2023 LABS menyelenggarakan lokakarya konsultasi untuk membahas draf pertama Standar dengan seluruh pemangku kepentingan industri termasuk, namun tidak terbatas pada, pemerintah, pabrik pakaian dan alas kaki, asosiasi perdagangan, organisasi masyarakat sipil (CSO), dan mitra merek.

Draf Standar dipresentasikan kepada para peserta selama lokakarya; setelah itu, diskusi panel dan sesi kelompok dilakukan untuk membahas peluang untuk menyediakan lingkungan kerja yang lebih aman. Masukan yang diterima akan dimasukkan ke dalam versi "nal Standar dan Metodologi LABS untuk Indonesia, yang akan dipatuhi selama fase percontohan program.

Tujuan LABS adalah untuk menetapkan standar keselamatan patokan terhadap pabrik pakaian jadi dan alas kaki yang dinilai lewat assessment. Penilaian LABS bukanlah pemeriksaan kepatuhan kode;

namun, ini menentukan tingkat keselamatan yang diperlukan berdasarkan praktik terbaik secara internasional dengan mempertimbangkan konteks lokal. Semua standar teknis terdiri dari serangkaian tindakan yang saling terkait yang harus memberikan tingkat keselamatan yang dapat diterima dalam sebuah bangunan.

Melalui perusahaan asosiasinya, LABS telah melakukan lebih dari 400 penilaian keselamatan dan memberikan 650 pelatihan keselamatan di pabrik pakaian jadi dan alas kaki di India, Vietnam, dan Kamboja. LABS juga telah mulai mengidentikasi dan menempatkan perusahaan terkait untuk mengoperasionalkan program di Indonesia.