Ramadhan Jazz Festival, Dakwah ala Pekerja Event di Bulan Ramadhan

AKM • Tuesday, 11 Apr 2023 - 19:04 WIB

Jakarta - 12 Tahun yang lalu, Akusara Production memberikan support ke acara tahunan yang digelar oleh Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz yaitu Ramadhan Jazz Festival.

Support berupa Event Consultant dan Technical Production berjalan terus tahun ke tahun hingga ke Ramadhan Jazz Festival yang ke-12 di tahun 2023 yang mengusung tema Harmony Our Culture dan tagline #ItsAllAboutUs. Harapannya, kegiatan ini dapat membawa pesan cinta dan kedamaian untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Sebagai produk dari remaja masjid, Kami (Akusara Production) tumbuh bersama Ramadhan Jazz, Akusara turut serta mengajak teman-teman komunitas event untuk membantu kesuksesan acara ini. Pada RJF yang ke-12 ini teman-teman yang membantu kesuksesan acara ini diantaranya adalah, Visual Rangers, Akusewa, Auralive, Mensa Pro, Maxindo Led, Pixel To Pixel, On.Cam18, Wihendra Production, dan Jakarta HT.” Ujar Andhika Mauludi, CEO Akusara Production.

Andhika menjelaskan kesuksesan acara ini juga didukung sama mereka yang non muslim sehingga menguatkan tag line Harmony Our Culture.

“Selain beramal melalui keahlian masing-masing, Teman-teman pekerja event yang terlibat dalam acara ini tidak semuanya beragama muslim. ada juga yang non muslim turut membantu kesuksesan acara ramadhan jazz, dimana hal ini semakin menguatkan tagline RJF yang ke-12 yaitu, Harmony Our Culture.” lanjut Andhika Mauludi

Sementara itu, Ketua panitia ramadhan Masjid Cut Meutia Winyono Iman Santoso mengatakan  dakwah itu berbagai macam caranya dan cara yang paling mudah adalah dengan musik yang banyak digemari oleh masyarakat.

“ Cara yang paling mudah adalah lewat musik, dan lewat ramadhan jazz ini membuktikan bahwa lewat musik berdakwah bisa sampai ke seluruh dunia,” katanya.

Ramadhan Jazz Festival berlangsung selama dua hari dari tanggal 7-8 april 2023, yang juga dihadiri oleh Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia yang juga memberi sambutan di Ramadhan Jazz Festival tahun ini, Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang, Bapak Maruli Simanjuntak selaku Pangkostrad, dan US Embassy.

Musisi yang turut memeriahkan RJF ke-12 adalah : Nadin Amizah, Rizki Febian, Alfie Alfandy, Maliq D'essentials, Barry Likumahuwa, Gery Gany, Mahalini, Gugun Blues Shelter, Lalahuta, Deredia, Ecoutez, Lantun Orchestra, dan Teddy Adhitya Muhammad Fathuroziq selaku Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2023 menyatakan, 

Ramadhan Jazz Festival memiliki keunikan tersendiri dari acara musik lainnya. Agenda besar dari acara ini adalah untuk melakukan dakwah atau syiar agama Allah dengan cara yang lebih mudah diterima terutama oleh anak-anak muda. Selain itu juga, untuk masuk ke acara ini tidak memerlukan tiket masuk, tetapi kita mengajak masyarakat untuk melakukan donasi dimana tahun ini dimana seluruh hasil donasi akan disalurkan kepada teman- teman penderita ODGJ yang kurang diperhatikan.

Ramadhan Jazz Festival ke 12 sukses mengumpukan lebih dari 200 Juta Rupiah donasi dari hasil penjualan dan menghadirkan 25.000 penonton baik secara online maupun offline. Insya Allah donasi akan disalurkan melalui  kegiatan Social Activity yang bekerjasama dengan platform Kitabisa.com yaitu dengan cara berdonasi untuk sekelompok penderita ODGJ yang kurang diperhatikan. 

Beberapa ODGJ ini tidak memiliki tempat tinggal dan kehidupan yang layak, sedangkan ODGJ juga manusia yang memiliki hak untuk hidup seperti manusia pada umumnya. Oleh sebab itu, kami memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai bentuk upaya untuk mendapatkan pahala dan keberkahan sebanyak-banyaknya melalui kegiatan sosial ini.

Harapannya, acara Ramadhan Jazz Festival dimana konsep dakwah dan amal dengan gaya baru terus berkembang dan mendapatkan dukungan dari masyarakat, penonton, artis dan pekerja event lainnya yang terus bersinergi menghasilkan hasil karya seni yang tidak lazim Kita temukan sebelumnya.