Dikenal Sebagai Artis Sinetron, AKBP Vivick Tjangkung Jadi Kapolres Lembata NTT, Begini Kisah Kariernya

FAZ • Tuesday, 11 Apr 2023 - 10:22 WIB

Tak ada yang tahu ke mana takdir akan menuntun jalan hidup seseorang. Seperti halnya kisah artis jadi Kapolres yang berjasa untuk negara ini.

Bisa saja seorang artis lawas yang berkecimpung di dunia seni peran, tiba-tiba sukses menjadi seorang polisi wanita alias Polwan dan bahkan Kapolres. Salah satunya artis lawas bernama Vivick Tjangkung.

Tak dipungkiri awalnya masyarakat mengenal Vivick lantaran dirinya kerap muncul dalam penangkapan artis atas kasus narkoba. Ya, Vivick Tjangkung yang beralih profesi menjadi menjadi Polwan namanya semakin melejit usai berhasil menangkap Ratu Ekstasi Zarima Mirafsur. Bukan itu saja, ada pula sederet nama-nama artis tersandung narkoba yang tak asing seperti Jefri Nichol,  Marcello Tahitoe, dan Restu Sinaga.

Pernah Menjadi Artis
AKBP Vivick Tjangkung pernah merasakan kehidupan sebagai seorang artis. Hal ini diketahui dari cuitan warga twitter bernama Leonita Lestari. Leonita membeberkan beberapa judul sinetron yang pernah dibintangi oleh Vivick Tjangkung.

"Pemilik nama lengkap Josephine Vivick Tjangkung ini tercatat pernah merilis album rekaman dan membintangi sejumlah sinetron antara lain Shakila, Oo Jekri, dan Suami, Istri & Dia" tulis Leonita, dikutip pada Selasa (11/4/2023).

Selain terjun sebagai aktris, Vivick Tjangkung juga dianugerahi suara merdu. Dalam kanal YouTube JK Records, terdapat beberapa video musik dari lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Vivick, antara lain Kerinduan, Nostalgia Biru, dan Jangan Salahkan Siapa.

Mutasi Jadi Kapolres
Karier AKBP Vivick Tjangkung dalam kepolisian juga begitu cemerlang. Jika semula dia bertugas sebagai Kepala Bagian Pembinaan dan Operasional Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Metro Jaya, kini pangkatnya naik drastis.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo SIgit Prabowo baru-baru ini telah resmi menunjuk AKBP Josephien Vivick Tjangkung sebagai Kepala Kepolisian Resor Lembata. Dengan begitu, Vivick Tjangkung tercatat sebagai kapolres perempuan pertama di jajaran Polda Nusa Tenggara Timur. Adapun keputusan mutasi ini berdasarkan Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor 715 yang ditandatangani Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono tanggal 27 Maret 2023.


Itulah kisah Vivick Tjangkung artis jadi kapolres dan berjasa untuk negara.