BAZNAS Ajak Milenial Lihat Langsung Pemanfaatan Dana Zakat di Pulau Pramuka

ANP • Monday, 10 Apr 2023 - 07:09 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memanfatkan momentum Pesantren Kilat Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi) BAZNAS 2023 untuk mendekatkan kaum milenial dengan pelaksanaan pemanfatan dana zakat.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di atas kapal perang KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat (992) milik TNI Angkatan Laut itu, BAZNAS mengajak peserta yang merupakan kelompok milenial mengunjungi Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Sabtu, (8/4/2023).

Di pulau yang masih termasuk wilayah Provinsi DKI Jakarta itu mereka diajak melihat dan merasakan secara langsung pelaksanaan pemanfaatan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) oleh tim BAZNAS di lapangan.

Selain menyaksikan pembagian 300 Paket Ramadhan Bahagia kepada keluarga mustahik, pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat, mereka juga terlibat langsung dalam kegiatan bersih-bersih masjid dan pantai, hingga penanaman 500 bibit mangrove yang berasal dari Persemaian Modern Rumpin Bogor milik Kementerian Lingkungan Hidup.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pemberdayaan Saidah Sakwan, MA., menyebut kegiatan turun langsung ke lapangan yakni ke Pulau Pramuka, bertujuan memberikan pengalaman kepada milenial yang merupakan anak-anak muzaki ini tentang pengelolaan dana zakat hingga pemanfaatannya.

"Pemanfaatan dana zakat yang dikumpulkan oleh BAZNAS didistribusikan dalam berbagai program, antara lain yang bisa kita saksikan di Pulau Pramuka ini," kata Saidah.

Saidah berharap kegiatan tersebut dapat menumbuhkan muzaki-muzaki baru dari kalangan milenial.

Salah satu peserta asal Kutai Timur, Kalimantan Timur bernama Muhammad Nur Syifaudin mengaku sangat terkesan dengan kegiatan ini.

Menurut siswa kelas XII SMAN 1 Muara Wahau itu, selama kegiatan dirinya dilatih untuk menjadi seorang pemimpin dengan keteladanan.

Dia berharap kegiatan serupa terus dilakukan, terutama bagi anak-anak muda seperti dirinya.

"Ini pengalaman pertama saya mengikuti kegiatan di Jakarta dan sangat terkesan," ungkapnya.

Ia mengaku tidak kecewa meski harus menempuh perjalanan selama belasan jam dari kampung halamannya di Kalimantan Timur dengan kondisi jalan yang tidak begitu baik.

Sementara itu, Naili Zahra Aulia kelas X MA Al-Hamidiyah Depok juga mengaku senang mengikuti kegiatan pesantren kilat tersebut lantaran banyak memberikan inspirasi dan bisa terlibat langsung terjun ke masyarakat bersama BAZNAS.

"Saya memiliki karakter pendiam awalnya, tapi melalui kegiatan ini saya merasa berani untuk mengemukakan ide-ide dan pendapat di depan teman-teman," ujar Naili yang mengaku menanam mangrove merupakan pengalaman pertamanya.

Pesantren Kilat Ramadhan Ekspresi BAZNAS berlangsung sejak Kamis (6/4/2023) hingga Sabtu (8/4/2023) yang diikuti 300 siswa-siswi setingkat SMA yang sebagian besar berasal dari wilayah Jabodetabek.