AWS Hadirkan Program Untuk Dukung Transformasi Digital UKM

LAN • Saturday, 8 Apr 2023 - 09:59 WIB

Jakarta – Amazon Web Services (AWS) menawarkan program bernama AWS Lift kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia untuk berinovasi dan mengoptimalkan biaya bisnis di era digitalisasi saat ini.

Dalam acara media briefing pada Kamis (06/04/23), Head of Small and Businesses (SMB) Indonesia AWS, Anthony Amni mengatakan cloud computing (komputasi awan) merupakan salah satu hal terpenting dalam era digitalisasi bagi UKM.

“Bayangkan semua teknologi cloud computing seperti database, storage, sampai AI, machine learning, dan IoT. Semua tersedia dan bisa diakses menggunakan internet di manapun. Memanfaatkan teknologi tadi untuk membangun aplikasi yang bisa dipakai dalam menjalankan bisnis kita dan metode pembayarannya pay as you go,” kata Anthony.

Anthony menjelaskan, melalui program ini UKM yang terpilih dapat menikmati manfaat layanan AWS tanpa perlu mengeluarkan biaya besar.

"Untuk USD 1 pertama yang ditagihkan atas layanan AWS yang diberikan, peserta program berhak mendapatkan Kredit AWS hingga USD 750 dalam akun mereka," jelas Anthony.

Pada kesempatan yang sama, CEO vMedis, Ahmad Siddiq mengatakan lewat penerapan AWS, vMedis mendapatkan server spefikasi tinggi dengan biaya murah dan mampu memantau sistem lewat cloud AWS.

“Kita bisa mendapatkan server spesifikasi tinggi dengan low cost. Ada juga AWS Cloudwatch yang memonitor dan memberikan peringatan setiap ada sesuatu yang membutuhkan penanganan dari vMedis, sehingga sistem yang di deliver ke customer selalu prima,” kata Ahmad.

Selain itu, Chief Information Officer PT Arya Noble, Yonathan Moniaga mengungkapkan Bersama dengan AWS, digital transformation terus dilakukan secara massif dan perusahaan dapat merelokasi budget untuk meningkatkan hal-hal lain.

“Dengan menggunakan AWS, ini memungkinkan kita untuk relokasi budget IT untuk punya talent-talent digital yang lebih mumpuni. Dengan teknologi cloud, kita tidak perlu terlalu complex. Semua bisa dilakukan dengan cepat dan tidak perlu khawatir kedepannya bagaimana,” ungkap Yonathan. (Jessica)