FILM Ride On, Mengulik Kebanggaan Stuntmen bersama Jackie Chan

FAZ • Friday, 7 Apr 2023 - 15:46 WIB

Genre: Action, Komedi, Drama
Sutradara: Larry Yang
Pemeran: Jackie Chan, Lio Haocun, Kevin Guo
Durasi: 2 jam
PH: Alibaba Pictures, China Film Co.Ltd.
Mulai tayang di Cinema XXI: 11 April 2023

RIDE ON bercerita tentang pemeran pengganti terbaik, yang pernah jaya pada masanya, bernama Master Luo (Jackie Chan). Dia hidup bersama kudanya, Red Hare, di ranch sederhana dalam beberapa kemalangan.

Pertama, Master Luo dikejar-kejar penagih utang jagoan yang memiliki banyak anak buah. Dia harus menghindar dengan kemampuan beladiri yang dimiliki. Apalagi, Master Luo terkesan tidak bisa membayar, karena tak memiliki cukup uang.

Kedua, dia tak lagi dipanggil ke proyek-proyek film karena proses 'shooting' tak lagi mengandalkan aksi murni 'stuntmen'. Selain resiko cedera parah, para sineas juga memilih teknologi CGI, yang disebut Master sebagai kartun, untuk menghadirkan adegan berbahaya yang mengagumkan. Meski masih berprofesi sebagai pemeran pengganti, tetapi lebih banyak mengamen bersama kuda Red Hare, menggunakan kostum unik, dan berharap konsumen membayar untuk foto bersama di pusat keramaian.

Ketiga, kalau pun kesempatan bekerja di studio datang, Master Luo juga menghadapi tantangan tersendiri. Dia diminta beraksi bersama Red Hare, yang tak terbiasa dengan suasana berbahaya. Master Luo harus melatih kudanya, sambil menyiapkan fisiknya yang tak muda lagi, untuk kembali ke kemampuan terbaik.

Keempat, sudah jatuh tertimpa tangga. Tanpa harta yang melimpah, kudanya Red Hare ternyata bermasalah. Tidak punya status kepemilikan yang jelas, kini Master Luo harus berjuang membuktikan secara hukum. Kecintaanya pada hewan peliharaannya terlampau dalam, untuk merelakannya pergi.

Kelima, di tengah keterpurukan, Master Luo memiliki putri seorang mahasiswi hukum, Xiao Bao. Masalahnya, relasi ayah-anak itu sangatlah buruk. Master Luo ingin memperbaikinya, sekaligus berharap, Xiao Bao bersama pacarnya, seorang pengacara muda, dapat membantu permasalah legalitas Red Hare.

Keenam, Master Luo tak bisa membiarkan begitu saja hubungan asmara Xiao Bao dan pacarnya yang ingin berlanjut ke jenjang berikutnya.

Melalui beberapa konflik itulah, penonton diajak kembali menikmati aksi bintang Hong Kong, Jackie Chan. Aktor legendaris berusia 68 tahun tersebut tampil prima seperti karya-karya sebelumnya, jago berkelahi, kocak, tetapi juga penuh pesan mendalam.

Walau kerap menampilkan wajah Jackie yang lelah atau kebingungan, RIDE ON tetap memiliki daya tarik khususnya visual meyakinkan dengan kuda dalam adegan action. Cuplikan adegan-adegan berbahaya Jackie, mewakili kehebatan pemeran pengganti di masa lalu, juga akan menambah keharuan penonton.

Para penggemar film Mandarin khususnya Jackie Chan, atau action komedi yang menghibur, jangan sampai melewatkan RIDE ON hanya di Cinema XXI.