Berhasil Pimpin Bank DKI Tumbuh Pesat, Dirut Bank DKI Fidri Arnaldy Raih Indonesia Best 50 CEO Awards 2023

FAZ • Friday, 7 Apr 2023 - 14:57 WIB

Jakarta – Keberhasilan Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy dalam memimpin Bank DKI tumbuh pesat dengan tetap prudent dan sehat selama kondisi ekonomi yang menantang, diapresiasi dengan pemberian penghargaan oleh The Iconomics sebagai The Best CEO Category Regional bank dari 50 CEO terbaik dari berbagai BUMN, BUMD dan swasta nasional/internasional.

Seremoni penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy pada ajang Indonesia Best 50 CEO Awards 2023 Employees Choice & Indonesia Most Popular CEO 2023 di Jakarta pada Kamis (06/04).

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan.

“Penghargaan ini tentunya menjadi apresiasi yang bernilai dalam memimpin program Transformasi 5.0 di Bank DKI. Perhatian penting tentang makna kepemimpinan juga menjadi perhatian kami sebagai seorang professional banker sekaligus sebagai role model, bahwa Leadership is Action Not Position," ujar Fidri.

Semakin spesial, penghargaan yang diterima Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy merupakan satu-satunya CEO/Direktur Utama yang berasal dari Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Penghargaan yang diterima juga menjadi pelengkap penghargaan individu sebelumnya, yaitu sebagai Top CEO BUMD 2022 dari Top Business, The Most Committed GRC Leader 2022 oleh Top Business, jajaran TOP 100 CEO 2022 oleh majalah Infobank,Top Leader on Digital Implementation 2022 dari IT Works, Indonesia Most Acclaimed CEO 2022 with outstanding Leadership in Provinding Realiable Banking Services dari Warta Ekonomi, serta yang terbaru sebagai The Best CEO for Corporate Digital Transformation of The Year 2023 oleh ITECH.

Selain itu dibawah kepemimpinannya, Bank DKI juga berhasil meraih predikat sebagai 20 Bank Terbaik dan satu-satunya BPD di Indonesia yang masuk dalam jajaran World's Best Banks atau Bank Terbaik di Dunia Tahun 2022 versi majalah Forbes.

Lebih lanjut Fidri menyampaikan bahwa penghargaan ini juga menjadi hadiah istimewa bagi Bank DKI dalam menyambut ulang tahun yang ke-62 tahun pada tanggal 11 April 2023.

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh insan Bank DKI untuk terus berkontribusi terbaik bagi kemajuan Bank DKI di usianya yang semakin dewasa. Untuk meniscayakan Sukses Jakarta Untuk Indonesia, Bank DKI menambah jaringan kantor cabang baru di wilayah Semarang, Lampung, dan Sidoarjo," ujar Fidri.

Penghargaan Indonesia Best 50 CEO Awards 2023 merupakan bentuk apresiasi kepada para CEO pilihan panelis dan The Iconomics yang berasal dari multi industri BUMN, BUMD dan swasta nasional maupun internasional.

Penilaian dilakukan oleh Axia Research melalui riset dengan beberapa kriteria, diantaranya (1) Popularity, (2) Competency, (3) Personality, dan (4) Crisis Leadership. Riset dilakukan terhadap lebih dari 6.000 responden dan CEO yang meraih penghargaan merupakan peraih nilai tertinggi pada masing-masing kategori industri atau minimal memenuhi skor 3,75 dari skala 4,00.

Sementara itu, Founder & CEO The Iconomics, Bram Putro mengatakan bahwa penghargaan kepada para pemimpin perusahaan diberikan atas kepemimpinan yang berani namun tetap disertai kehati-hatian yang sangat dibutuhkan untuk business recovery keluar dari era pandemi.

"CEO atau pemimpin organisasi menjadi panutan dalam melakukan manuver inovasi sehingga naluri mereka sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai skenario yang baru," kata Bram Putro.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan yang turut hadir sebagai keynote speaker, dalam kesempatan yang sama mengatakan saat ini semua elemen berupaya agar cita-cita Indonesia sebagai negara maju dan visi Indonesia 2045 dapat terwujud, sehingga untuk mencapainya harus mampu menciptakan peluang usaha, baik di pasar domestik maupun global.

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, para CEO terbaik yang terpilih hari ini adalah para pemimpin yang dapat membawa intitusi atau perusahaan yang dipimpinnya menjadi perusahaan kelas dunia.

“Saya mengucapkan selamat kepada 50 CEO terbaik tahun ini. Semoga kita semua dapat memanfaatkan peluang dan potensi yang dimiliki oleh Indonesia untuk membangun dan mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera,” imbuhnya yang hadir bersama Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko dan sejumlah pejabat lainnya.

Sosok Fidri Arnaldy, yang menjabat sebagai Direktur Utama Bank DKI sejak 28 Juni 2021, memiliki pengalaman lebih dari 32 tahun di industri perbankan pada berbagai bidang, mulai dari pemasaran baik kredit dan dana, audit internal, operasional, hingga hubungan kelembagaan, baik konvensional maupun syariah.

Atas pengalaman dan prestasi yang diraih selama perjalanan karirnya, Fidri senantiasa menjadi sosok pemimpin bertangan dingin yang selalu membawa perubahan nyata dengan melakukan inovasi di setiap perusahaan yang Ia pimpin. Moto hidup yang sampai saat ini dianutnya yaitu “berprestasi itu bangga dan barokah” turut menjadikan Fidri sosok yang loyal, berdedikasi, selalu melakukan yang terbaik untuk meraih prestasi maksimal, yang dibuktikan dengan berbagai prestasi kinerja terbaik yang terus diukir sepanjang karir yang dijalani, serta melakukan pengkaderan untuk generasi penerus yang tangguh dengan mental champion.

Peningkatan kinerja Bank DKI di bawah kepemimpinan Direktur Utama, Fidri Arnaldy yang tumbuh pesat dan sehat, tercermin dari Tingkat Kesehatan Bank (TKB) Bank DKI kategori 2 (Baik) selama 2 tahun, memang patut diapresiasi.

Bank DKI menutup tahun 2022 dengan capaian mencatat peningkatan laba bersih periode Desember 2022 menjadi Rp939,11 miliar, yang merupakan pencapaian laba tertinggi Perseroan sejak berdiri. Laba tumbuh 29,11% dibandingkan periode Desember 2021 sebesar Rp727,36 miliar. Hal ini juga didukung peningkatan total aset sebesar 11,51% menjadi Rp78,88 triliun pada Desember 2022, dari Rp70,74 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan aset ini menjadi catatan prestasi tersendiri dimana posisi aset Bank DKI saat Fidri Arnaldy bergabung menjadi Direktur Utama Bank DKI pada Juni 2021 masih berada pada posisi Rp56,72 Triliun, yang berarti telah terjadi peningkatan aset hingga mencapai sebesar Rp22 triliun lebih.

Bank DKI juga semakin adaptif dalam pengembangan layanan perbankan digital untuk memperluas akses keuangan masyarakat dengan menghadirkan berbagai aplikasi digital, seperti super apps JakOne Mobile, simple apps JakOne Pay, JakOne Abank dan layanan perbankan digital lainnya seperti Cash Management System, serta pengembangan aplikasi digital lending untuk fasilitas kredit serta pembiayaan.

Dalam hal pelayanan transaksi non-tunai berbasis kartu, Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard sebagai kartu uang elektronik pada berbagai moda transportasi DKI Jakarta, tiket masuk museum serta tempat wisata kelolaan Pemprov dan BUMD DKI Jakarta, hingga transaksi di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan bahwa semangat leadership dibawah kepemimpinan Direktur Utama Fidri Arnaldy turut menginspirasi karyawan Bank DKI untuk terus tumbuh, serta terus berinovasi mewujudkan visi sebagai Bank Pilihan untuk Jakarta yang Maju dan Sejahtera.

Lebih lanjut Arie menyampaikan bahwa “Bank DKI akan terus berperan sebagai kolaborator pertumbuhan perekonomian masyarakat dan daerah, melalui inovasi dan optimalisasi sinergi dan kerjasama dengan BUMD, Pemprov DKI Jakarta, serta pihak swasta lain. Implementasi strategi bisnis yang terus mempertimbangkan transformasi digital juga terus dilakukan untuk mencapai strategi pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan", tutup Arie