Mudik Lebaran 2023 Aman dan Nyaman Bersama BUMN

LAN • Friday, 7 Apr 2023 - 13:27 WIB

Jakarta –Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Kementerian BUMN melalui BUMN akan memberikan layanan maksimal guna mendukung mudik Lebaran tahun ini agar para pemudik bisa merasa aman dan nyaman.

Staf Khusus III Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyampaikan bahwa pentingnya menginformasikan kepada masyarakat terkait persiapan dan kesiapan infrastruktur yang dimiliki BUMN. Agar BUMN bisa mengantisipasi dan meminimalisir halangan selama periode Mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Mengingat Hari Raya Idul Fitri tahun ini merupakan Lebaran perdana pasca dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

“Publik perlu dapat informasi seluas-luasnya yang berhubungan transportasi khususnya angkutan lebaran atau mudik. Penjelasan fungsi masing-masing BUMN yang diundang, kesiapannya apa saja. antisipasi yang disiapkan apa saja agar tidak ada halangan selama perjalanan mudik dan pulang kembali juga dengan selamat tanpa ada kekurangan”, Ungkap Arya dalam sambutannya di acara Ngobrol Pagi BUMN (NGOPI BUMN) Edisi Ramadhan yang berlangsung pada hari Kamis (6/4) di Synergy Lounge, Kementerian BUMN, Jakarta.

Untuk angkutan laut, PT PELNI memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada tanggal 17 April atau H-5 dengan prediksi jumlah penumpang sebanyak 27.302 dan perkiraan arus balik pada 29 April atau H+6 dengan prediksi jumlah penumpang sebanyak 25.623. PELNI sendiri telah menyiapkan sebanyak 26 armada kapal penumpang dan 42 kapal perintis yang siap melayani angkutan lebaran 1444 H. Disamping itu, manajemen PELNI juga menyiapkan

48.539 seat yang terdiri sebanyak 32.447 Seat terpasang pada kapal penumpang dan 16.092 seat pada kapal perintis.

Direktur Utama PT PELNI Tri Andayani merinci, sebanyak 604.183 penumpang terdiri dari 511.705 pemudik menggunakan kapal penumpang dan 92.478 pemudik dengan kapal perintis. Adapun operasi angkutan lebaran kapal PELNI dimulai sejak H-15 atau pada 7 April 2023 dan berakhir pada H+15 atau pada 8 Mei 2023. “Seluruh armada PELNI telah siap untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia dalam periode mudik lebaran 2023 ini,” ungkap perempuan yang akrab disapa Anda ini.

Jasa Raharja bersama Kementerian Perhubungan, Kepolisian, dan instansi terkait, terus mematangkan berbagai pola pengamanan arus mudik Lebaran tahun 2023. Langkah tersebut penting dilakukan guna memastikan seluruh rangkaian kegiatan, cara bertindak, serta penanganan keselamatan lalu lintas terhadap masyarakat berjalan maksimal.

Rivan mengatakan, berdasarkan data santunan Jasa Raharja dalam lima tahun terakhir, jumlah korban kecelakaan lalu lintas masih relatif tinggi, dimana sekitar 70 persennya melibatkan pengendara sepeda motor. “Oleh karena itu, dalam pelaksanaan mudik bersama, salah satu concern kami adalah bagaimana mengalihkan para pemudik yang akan menggunakan sepeda motor,” ujar Rivan.