Sukses Jaga Citra Positif, Bank DKI Raih Indonesia Corporate Secretary and Communication Award 2023

MUS • Thursday, 6 Apr 2023 - 21:48 WIB

Jakarta – Rentetan prestasi gemilang terus diukir Bank DKI. Terbaru, Bank DKI kembali menerima apresiasi berupa penghargaan sebagai 2nd The Best Indonesia Corporate Secretary & Communication Award 2023 (Gold Award) Category: Regional Development Bank Asset Rp 40 T sd. Rp 100 T atas keberhasilan Bank DKI dalam mempertahankan citra positif perseroan. 

Penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi mewakili Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, dalam gelaran Indonesia Corporate Secretary & Communication Award 2023, secara daring pada Rabu (05/04/2023).

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, melalui keterangan tertulis mengucapkan terima kasih atas penganugerahan yang diberikan. 

”Penghargaan ini merupakan apresiasi yang bernilai atas konsistensi Bank DKI dalam menginovasikan strategi komunikasi dengan mengadaptasi tren komunikasi terkini, sebagai upaya menjaga citra positif Perseroan. Bank DKI berkomitmen untuk selalu menghadirkan informasi secara transparan, akurat dan jelas, melalui berbagai saluran publikasi offline maupun online," ujar Fidri.

Sebagai informasi, penghargaan Indonesia Corporate Secretary & Communication Award 2023 diberikan oleh Economic Review secara spesifik atas peran corporate secretary perusahaan yang dinilai berhasil menjalankan fungsi komunikasi perusahaan dengan baik dalam menjaga citra positif perusahaan. 

Adapun aspek penilaian yang dilakukan dengan menggunakan berbagai metode seperti desk research dengan menganalisis jumlah pemberitaan positif terkait kinerja perusahaan, media impression, social media shares and engagement, improved brand awareness, dan expert panels.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menambahkan Bank DKI secara aktif berinovasi, termasuk upaya maksimal dalam mengkomunikasikan produk, layanan, serta berbagai langkah kolaborasi strategis Bank DKI dalam rangka meningkatkan akses perbankan kepada masyarakat. 

”Seiring transformasi yang dijalankan Perseroan, Bank DKI semakin adaptif dalam pengembangan berbagai aplikasi digital, seperti super apps JakOne Mobile, simple apps JakOne Pay, maupun JakOne Abank dan layanan digital lainnya seperti Cash Management System, serta pengembangan aplikasi digital lending untuk fasilitas kredit serta pembiayaan. Dalam hal pelayanan transaksi non-tunai berbasis kartu, Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard yang berfungsi sebagai kartu uang elektronik di berbagai moda transportasi DKI Jakarta, tiket masuk sejumlah museum serta tempat wisata kelolaan Pemprov dan BUMD DKI Jakarta, hingga transaksi di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Bank DKI," imbuh Arie.

Capai Kinerja Bisnis Membanggakan Tahun 2022

Bank DKI menutup tahun 2022 dengan capaian kinerja keuangan yang sangat baik. Hal ini terlihat dari peningkatan penyaluran kredit sepanjang tahun 2022 tumbuh sebesar 23,53% menjadi Rp48,37 triliun pada Desember 2022, dari Rp39,16 triliun di tahun sebelumnya. 

Pertumbuhan kredit ini didukung dengan kualitas aset yang sangat baik, dengan membaiknya indikator rasio kredit bermasalah (Non-Performing Loan/NPL) menjadi 1,75% pada Desember 2022 dari 2,98% pada Desember 2021. Sedangkan untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 12,82% menjadi Rp65,10 triliun pada Desember 2022 dari Rp57,71 triliun pada Desember 2021. 

Berbagai pencapaian kinerja impresif tersebut mendorong peningkatan laba bersih Bank DKI pada Desember 2022 menjadi Rp939,11 miliar, yang merupakan pencapaian laba tertinggi Perseroan sejak berdiri. 

Laba tumbuh 29,11% dibandingkan periode Desember 2021 sebesar Rp727,36 miliar. Hal ini juga seiring didukung adanya peningkatan total aset sebesar 11,51% menjadi Rp78,88 triliun pada Desember 2022, dari Rp70,74 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.