Girls in Tech Buka Peluang Beasiswa Khusus Mahasiswi, Catat Syaratnya!

FAZ • Friday, 31 Mar 2023 - 08:44 WIB

Girls in Tech Indonesia kembali membuka pendaftaran beasiswanya pada 8 Maret hingga 10 Mei 2023.

Kesempatan ini dikhususkan bagi mahasiswi yang mengambil studi Teknik Informatikan Komputer (TIK) dan tengah menjalani tahun terkahir di perkuliahan atau freshgrad.

“Program Beasiswa Girls in Tech Scholarship merupakan fasilitas pembelajaran yang disediakan oleh Girls in Tech untuk lulusan baru dan mahasiswi tahun akhir jurusan TIK dan Science, Technology, Engineering dan Math (STEM),” kata Co-Managing Director Girls in Tech Indonesia, Aulia Halimatussadiah dalam siaran pers diterima, Jumat (31/3/2023).

Aulia menjelaskan, program beasiswa pada tahun ketiga akan berfokus pada penyediaan kurikulum mengenai perkenalan Full Stack Developer dan QA Automation. Menurut dia, fokus itu diambil dengan tujuan agar kelompok perempuan mampu memperkuat komitmennya dalam memajukan inklusivitas gender di sektor TIK di Indonesia.

“Paling tepat untuk dilakukan adalah dengan memfasilitasi perempuan muda untuk belajar dan mengembangkan kemampuan mereka, hingga menjadi talenta-talenta muda yang mampu bersaing di bidang IPTEK,” yakin Aulia.

Aulia meyakini, beasiswa ini mampu menyediakan akses mudah bagi perempuan untuk masuk ke sektor TIK,
melalui dua tahap, Bootcamp dan Internship. Nantinya, pada awal program, para partisipan akan menjalani proses penyaringan hingga ditemukan 12 penerima beasiswa yang kemudian akan mengikuti proses Bootcamp dari Hacktiv8 selama tiga bulan.

“Penerima beasiswa yang telah lulus Bootcamp akan mendapat kesempatan untuk magang dengan kompensasi selama tiga bulan di perusahaan rekanan yang berbasis di Amerika Serikat, yakni CSG,” ungkap Aulia.

Menanggapi hal itu, Greg Tilton, Wakil Presiden CSG, merasa suatu kehormatan bagi CSG untuk dapat mendukung dan bekerja sama dengan Girls in Tech. Dia memastikan, kemitraan merupakan salah satu langkah dalam visi CSG untuk membantu menciptakan dunia yang lebih baik dan siap menghadapi masa depan dengan perempuan yang memiliki kesempatan setara untuk berkembang dan berhasil di dunia kerja.

“Melalui program ini, kami mempersiapkan wanita muda di Indonesia dengan keterampilan dan pengetahuan untuk meniti karir di bidang teknologi melalui program magang dan menjadi inovator di bidang STEM,” dorong Greg.

Sebagai informasi, Girls in Tech Scholarship 2023 berkolaborasi dengan Hacktiv8 sebagai instruktur Bootcamp yang telah berpengalaman dalam memberikan program pelatihan TIK.

Juventia Vicky Riana, President Hacktiv8 mengatakan, Hacktiv8 sangat bersemangat untuk kembali bekerja sama dengan Girls in Tech dalam memberikan pelatihan selama program beasiswa berlangsung.

“Misi dan visi yang sama, kami percaya dapat melahirkan SDM digital yang potensial dan siap kerja. Besar harapan kami agar kemitraan ini dapat membantu lebih banyak perempuan muda untuk berkecimpung di sektor teknologi hingga mencetak tokoh-tokoh yang berpengaruh di bidang ini,” Juventia memungkasi.

*Berikut adalah syarat untuk dapat mengikuti program beasiswa Girls in Tech Indonesia:*

1. Program beasiswa ini terbuka untuk mahasiswi tahun akhir dengan latar belakang
pendidikan di bidang TIK.

2. Lengkapi formulir pendaftaran online  dan gunakan alamat email yang aktif untuk proses pendaftaran.

3. Pendaftaran Girls in Tech Scholarships berakhir pada 10 Mei 2023.

4. Program beasiswa Girls in Tech ini tidak dipungut biaya apapun.

Informasi lebih lanjut mengenai Girls in Tech Scholarship dan cara pendaftaran bisa diakses melalui website situs resmi Girls in Tech dan akun Instagram Girls in Tech di @girlsintechid.