Tingkatkan Kualitas Perguruan Tinggi, Wiranto Lantik Pengurus Baru Asosiasi BPPTSI 

AKM • Friday, 31 Mar 2023 - 06:40 WIB

Jakarta - Dalam menjaga keberlangsungan kualitas perguruan tinggi, pengurus baru Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia  -ABPPTSI periode 2022-2026 resmi dilantik. Pengurus baru ini dilantik oleh Ketua Dewan Kehormatan ABPPTSI, Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto SH S.IP, M.M yang berlangsung  di Auditorium Gedung Utama Kampus Untar, Jakarta, Kamis (30/03).

Prof. Dr. Thomas Suyatno terpilih menjadi Ketua Umum ABPPTSI untuk lima tahun ke depan. Prof. Thomas akan menahkodai organisasi ini bersama Prof Dr. Mts Arief, M.M., M.B.A., CPM sebagai Sekretaris Jenderal, Ir. Bernard Gunawan sebagai Bendahara Umum dan 17 Wakil Ketua Umum ABPPTSI.

"Kami percaya, saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan," kata Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto SH S.IP, M.M saat pelantikan pengurus baru.

Dalam sambutannya, Wiranto mengatakan, pelantikan pengurus baru bertemakan "Membangun Ekosistem Pendidikan yang Menunjang Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi dan Daya Saing Bangsa" sangat relevan dengan kondisi obyektif yang dihadapi bangsa Indonesia dalam percaturan dunia saat ini. Setuju atau tidak dan siap atau tidak, semua negara akan masuk dalam persaingan global.

"Dewasa ini, persaingan yang syarat dengan kemajuan teknologi digital, justru yang menjadi pemenang adalah siapa yang paling cepat mengadopsi kemajuan teknologi, cepat mengaplikasi dan cepat mereview kesalahan untuk terus maju dengan kecepatan super," ujarnya.

Wiranto menambahkan, ternyata sangat tepat pemikiran para founding fathers kita yang dituangkan dalam salah satu misi kenegaraan yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Dimana saat ini dan kedepan nanti, bukan bangsa besar atau kuat yang akan jadi pemenang, tetapi bangsa yang cepat dan cerdas yang akan unggul dalam setiap persaingan. 

"Oleh sebab itu merupakan keniscayaan bahwa pengembangan perguruan tinggi terutama perguruan tinggi swasta sebagai pusat pusat keunggulan yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi pemenang yang cerdas, harus didukung dan diwujudkan bersama-sama," ucapnya.

Kita lanjut Wiranto, sangat memahami masih banyak tantangan dan hambatan yang dihadapi. Antara lain masih ada gep kualitas pendidikan antar daerah, gep antara perguruan tinggi nasional dan perguruan tinggi swasta, gep antara perguruan tinggi swasta yang besar, menengah dan kecil, hambatan infrastruktur, pendanaan dan lain sebagainya.

"Itu menjadi tantangan kita bersama untuk mengatasinya. Kementerian Dikbud dan ristek telah menjawab salah satu tantangan tersebut dengan membangun ekosistem berupa terobosan merdeka belajar kampus merdeka," katanya.

Sebagai tuan rumah dalam acara pelantikan ini, Untar juga menempatkan wakilnya sebagai salah satu pengurus ABPPTSI periode 2022-2026 yakni Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., AE.

"Kami mengucapkan terima kasih, karena pada acara pelantikan tadi saya sendiri sebagai Rektor Untar dipercaya sebagai salah satu anggota dewan pakar di dalam pengurusan ABPPTSI. Mudah-mudahan kami dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan organisasi sekaligus juga berkontribusi dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia," Ujar Rektor Untar.

Kegiatan ini lanjut Rektor Prof. Agustinus, kami bisa menceritakan bagaimana perkembangan Untar sebagai perguruan tinggi sekaligus bagaimana pelaksanaan merdeka belajar-kampus merdeka yang dilakukan Untar. Mudah-mudahan inspirasi kecil yang kami beri dapat bermanfaat untuk seluruh peserta.

"Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan diselenggarakan pelantikan pengurus periode 2022-2006 di Untar. Tentu ini satu kesempatan yang baik, karena banyak petinggi-petinggi perguruan tinggi bisa menyaksikan bagaimana Untar maju dan berkembang hingga sampai saat ini," ucapnya.