Gubernur Jatim dan Menteri ATR/BPN Deklarasikan Madiun Sebagai Kota Lengkap Pertama di Jatim 

MUS • Wednesday, 29 Mar 2023 - 12:29 WIB

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Ka. Kanwil BPN Prov. Jatim dan Walikota Madiun Maidi mendeklarasikan Kota Madiun sebagai Kota Lengkap pertama di Jawa Timur dan kedua di Indonesia setelah kota Denpasar.

Dideklarasikannya Kota Madiun dengan predikat Kota Lengkap ini karena berhasil menerapkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan keseluruhan bidang tanahnya telah tuntas bersertipikat. Hal ini sesuai yang ditargetkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), untuk mempermudah Ease of Doing Business (EODB).

"Inisiasi yang dilakukan Pak Walikota Madiun ini akan jadi penabuh genderang karena biasanya kalau satu kota sudah lengkap maka kota/kabupaten lain insya Allah akan menyegerakan melengkapi," kata Gubernur Khofifah

Gubernur Khofifah menjelaskan Provinsi Jawa Timur juga akan menjadi provinsi lengkap ketika seluruh Kabupaten Kota di Jawa Timur telah berpredikat Kota atau Kabupaten lengkap. Oleh karenanya, orang nomor satu di Jatim ini mendorong agar seluruh Bupati/ Walikota segera menuntaskan program PTSL.

Gubernur Khofifah meyakini kehadiran dan perhatian dari Menteri ATR/BPN RI ke Jawa Timur dapat menjadi semangat tersendiri bagi Bupati Walikota di Jatim untuk dapat segera mewujudkan Kota Kabupaten wilayahnya memiliki predikat Kota Lengkap.

"Saya rasa kehadiran Pak Menteri akan menjadi magnet luar biasa bagi Jawa Timur untuk melakukan percepatan kota/kabupaten lengkap," tuturnya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengucapkan terima kasih atas sinergitas pemerintah Jawa Timur dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang berjalan sangat baik. Sehingga, capaian Madiun Kota lengkap terealisasi. 

"Selamat kepada Kota Madiun yang menjadi kota lengkap pertama di Jawa Timur dan kedua di seluruh Indonesia setelah Kota Denpasar," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jatim Jonahar mengatakan, dalam rangka mewujudkan Jawa Timur lengkap salah satu output yang telah direncanakan sejak tahun 2020 adalah deklarasi kota lengkap. Kota Madiun sejak awal sudah dicanangkan menjadi kabupaten maupun kota pertama di Provinsi Jawa Timur yang dijadikan pilot project untuk menjadi anggota lengkap baik secara spasial maupun tekstual yang kemudian diikuti oleh kota dan kabupaten lain di Jawa Timur seperti Kota Probolinggo kota Mojokerto Kota Kediri dan Kota Surabaya Kab Gresik dan Kabupaten Madiun. 

"Pembangunan kota lengkap telah dimulai sejak 2020. Perbaikan kualitas data pemetaan dengan kualitas data tekstual serta pemerintah kota Madiun dalam mewujudkan kota lengkap dengan survei door to door. Sehingga cepat menyelesaikan tanah yang bermasalah," jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Madiun H Maidi mengucapkan terima kasih kepada Menteri ATR/BPR Hadi Tjahjanto Gubernur Khofifah, Kepala BPN Jatim dan BPN Nasional atas tercapainya kota lengkap bagi Kota Madiun. 

"Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi cukup bagus. PDRB bagus, pengangguran dan kemiskinan turun dan investasi semakin meningkat karena status tanahnya jelas sehingga investor sudah tidak ragu lagi," ucapnya. ((Her)