Gus Muhaimin Optimistis PKB Ukir Sejarah Baru di 2024

AKM • Wednesday, 29 Mar 2023 - 11:00 WIB

SOLO - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) optimistis bisa mengukir sejarah baru pada pemiku 2024 mendatang. Alasannya, elektabilitas PKB saat ini berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga survei melejit di posisi 2 atau 3 besar.

Dikatakan Gus Muhaimin, survei terbaru yang dilakukan SMRC dan Indo Barometer, elektabilitas PKB sudah mengalahkan Partai Golkar dan berada di tiga besar parpol papan atas. "Bahkan, di beberapa survei kita juara 2 mengalahkan Gerindra," kata ujar Gus Muhaimin saat memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi Pemenangan PKB Zona Jateng-DIY di Kota Solo, beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua DPR RI ini mengatakan, melihat tren hasil survei dari bulan ke bulan yang terus menunjukkan tren peningkatan elektabilitas, optimisme seluruh kader PKB semakin menggelora. 

"Ini kita patut syukuri. Insyaallah untuk capres di lingkungan pesantren NU kita sudah terdepan. Mesin politik kita terus jalan dan panas. Alhamdulillah di Jatim kita nomor satu, di Jateng survei tetap juara dua, bagaimana sekarang bisa semakin mendekat ke nomor satu," tuturnya.

Menurut Gus Muhaimin, PKB memiliki kekuatan tidak hanya kekuatan Islam dan santri, tapi juga kekuatan Jawa. Bahkan, kini kekuatan PKB semakin merata karena di beberapa daerah luar Jawa seperti Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT), elektabilitas PKb juga sangat bagus. 

"Kekuatan kita lengkap. Kita punya akar yang kuat. Kita punya rute panjang dan mengakar. PKB  punya akar nahdliyin dan nahdliyat yang luar biasa. Bukan hanya NU sebagai organisasi, tapi karena perangkat doktrin, ajaran ahlussunnah waljamaah yang lengkap," urainya.

Gus Muhaimin mengajak seluruh kader dan jajaran pengurus PKB di semua 
 untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai momentum untuk mengukir sejarah. "Kita ini sangat beruntung menjadi bagian yang akan menulis sejarah masa depan," katanya di hadapan para kader, pengurua dan caleg PKB se-Jateng dan DIY. 

Menurut Gus Muhaimin, memenangkan Pemilu 2024 merupakan sebuah perjalanan perjuangan yang sangat serius. "Kita boleh berjuang dengan bercanda, tapi jangan jadikan perjuangan ini bahan candaan. Doktrin kita untuk memimpin bangsa ini sangat lengkap," tuturnya.

Cicit salah satu pendiri NU KH Bisri Syansuri ini mengatakan bahwa PKB saat ini juga sangat menarik bagi pihak-pihak yang selama ini belum bersama PKB. Hal ini ditandai dengan banyaknya caleg PKB yang berasal bukan dari kader internal. 

"Pak Susno Duadji (mantan Kabareskrim) saya tanya kenapa tertarik menjadi caleg PKB? Beliau menjawab, 'bapak saya nahdliyin'. Ini artinya PKB ini akarnya kuat. Terus ada Norman Kamaro mengapa masuk PKB? Katanya karena tertarik dengan PKB. Ini artinya ranting kita menjulang," urainya.

Karena itu, Gus Muhaimin berpesan kepada seluruh kader, caleg dan pengurus PKB di semua level untuk mempersiapkan pemilu sebaik mungkin. "Rakyat menitipkan perjuangan politik di pundak kita," katanya.