Kisruh Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi Jamin Keikutsertaan Israel

FAZ • Tuesday, 28 Mar 2023 - 20:02 WIB

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjamin keikutsertaan tim nasional (Timnas) Israel dalam Piala Dunia U-20. Jokowi menegaskan, tidak ada kaitannya dengan konsistensi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023).

Jokowi mengatakan bahwa dirinya sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun untuk tidak mencampurkan urusan olahraga dengan politik.

"Dan dalam urusan Piala Dunia U-20 ini kita sependapat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi jangan mencampur adukan urusan olahraga dengan politik," kata Jokowi.

Jokowi menyebut bahwa pemerintah dan PSSI masih terus berusaha terhadap FIFA agar ditemukan solusi terbaik usai banyaknya penolakan-penolakan.

"Saat ini FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20. Tapi kita baik pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik," kata Jokowi.

FIFA telah membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 menyusul penolakan dari Gubernur Bali, I Wayan Koster terkait kedatangan Timnas Israel U-20. Seharusnya, undian Piala Dunia U-20 2023 akan dilangsungkan di Bali pada 31 Maret 2023 mendatang.