Indonesia Batal Gelar Piala Dunia U20? Yesayas: Surat FIFA Sudah Diterima Pemerintah

MUS • Tuesday, 28 Mar 2023 - 14:18 WIB

Jakarta – Wartawan senior sepak bola, Yesayas Oktavianus, mengungkap informasi mengejutkan mengenai penolakan Indonesia terhadap kehadiran timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. Yesayas mengatakan FIFA telah membatalkan status tuan rumah Indonesia dan menunjuk Peru sebagai penggantinya.

“Berdasarkan informasi yang saya dapat, surat pembatalan dari FIFA sudah sampai di pemerintah pada Minggu siang. Dalam surat itu, salah satunya mengatakan bahwa FIFA telah menunjuk Peru untuk menggantikan Indonesia,” kata Yesayas kepada Radio MNC Trijaya dalam program Hot Topik Pagi, Selasa (28/3/2023).

Meskipun begitu, sampai saat ini baik pemerintah maupun PSSI belum mengumumkan secara resmi mengenai pembatalan ini. Menurut Yesayas, pemerintah masih berusaha untuk melakukan lobi-lobi tingkat tinggi agar Indonesia kembali mendapatkan haknya.

“Erick Thohir semalam sudah berangkat ke Zurich, Swiss (Markas besar FIFA) untuk melakukan konsultasi serta melakukan lobi dengan FIFA,” ujar Yesayas

Selain Ketua Umum PSSI, Yesayas juga berharap Presiden Jokowi turun tangan dalam polemik ini mengingat ia memiliki kekuatan yang cukup untuk menyelesaikannya. Artinya, Jokowi diharapkan dapat menyelesaikan masalah internal dan meyakinkan berbagai partai politik dan ormas yang lantang menolak Timnas Israel.

“Selama FIFA masih melindungi anggotanya, maka kemungkinan besar Indonesia akan kalah jika terus mempertahankan penolakannya terhadap Israel,” tukas Yesayas. (Atha)