Polemik Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Dave Laksono: Olahraga Jangan Dikaitkan dengan Politik

MUS • Monday, 27 Mar 2023 - 12:39 WIB

Jakarta - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) membatalkan jadwal undian (drawing) babak grup Piala Dunia U-20 yang seharusnya berlangsung 31 Maret 2023 di Bali. Pembatalan ini terkait dengan penolakan kedatangan timnas Israel ke Bali oleh Gubernur I Wayan Koster. Padahal, drawing hanya dilakukan jika seluruh peserta piala dunia dapat hadir.

Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi Golkar, Dave Laksono, tidak setuju dengan penolakan kedatangan timnas Israel ke Indonesia.

“Ini olahraga, jangan dikaitkan dengan politik,” ujar Dave dalam program Trijaya Hot Topic, Senin (27/03/2023). Ia menegaskan, pendirian politik Indonesia yang mengecam penjajahan terhadap Palestina tidak akan berubah dengan kehadiran Israel ke tanah air.

“Ini harus dipisahkan, tentang sikap politik luar negeri dan dunia olahraga. Kehadiran timnas Israel tidak akan mengubah sikap pemerintah, pandangan, dan juga posisi Indonesia terhadap kebebasan masyarakat Palestina,” kata Dave.

Dave menyampaikan saat ini tugas pemerintah dan PSSI adalah meyakinkan FIFA bahwa Indonesia masih layak dan mampu untuk melaksanakan Piala Dunia U-20. 

“Ini juga menyangkut harkat dan martabat bangsa,” tuturnya.

Ia juga berargumen bahwa Indonesia telah melakukan sejumlah kegiatan olahraga internasional yang mendatangkan delegasi dari Israel, seperti pertandingan e-sport, panjat tebing, dan balap sepeda di Jakarta International Velodrome.

“Kenapa sekarang tiba-tiba muncul penolakan? Kalau mau menolak mestinya semua dong,” tukas Dave. (Salsa)