Presiden Jokowi Dukung Aplikasi Pengelolaan Sampah: Containder Implementasi di seluruh Indonesia

ANP • Wednesday, 22 Mar 2023 - 23:13 WIB

JAYAPURA - Presiden Jokowi Mendukung Pengembangan Aplikasi Containder, sebuah app yang diluncurkan di Papua Youth Creative Hub, Jayapura, untuk dapat beroperasi di seluruh Indonesia.

"Kami memohon dukungan Bapak agar dapat dimitrakan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian lainnya dan dapat di instalasi di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia", ungkap Irsanto Imbiri didepan Presiden,  Anggota Papua Muda Inspiratif Kota Sorong, yang menjabat sebagai Manajer Implementasi Papua untuk Containder.

Pernyataan Irsan disambut baik oleh Presiden Jokowi, yang kemudian menyatakan dukungan positifnya, lalu memberikan beberapa masukan, dan mendoakan agar Containder terus berkembang pesat.

Momen tersebut terjadi pada perhelatan Peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) oleh Presiden Jokowi yang berlangsung dengan sangat meriah. Bangunan megah yang berdiri di tanah seluas 1,5 hektar ini menjadi tempat berkumpulnya pemuda Papua berbakat untuk berkarya dan berkreasi. Hal tersebut telah dibuktikan dengan pertunjukan gemilang dan juga menampilkan produk-produk unggul oleh pemuda Papua yang sangat bersemangat pada peresmian PYCH pada hari Selasa (21/3/2023). 

Karya yang ditampilkan sangatlah bervariasi mulai dari makanan, minuman, produk kerajinan, hingga produk teknologi dalam bentuk aplikasi yang tentunya menjadi sebuah tanda bahwa Papua siap untuk bersaing di era 5.0 ini. 

Salah satu produk teknologi yang menonjol dan di presentasikan langsung di hadapan Presiden Jokowi dan jajarannya, adalah aplikasi Containder Ini. Tech Start-Up yang dibesut oleh: Indra Makalew, Zefanya dan Rachel Mambrasar ini berfokus kepada  tata kelola sampah dari hulu hingga ke hilir. 

Billy Mambrasar sebagai penasihat Containder sekaligus Duta Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia, mengungkapkan “Sudah saatnya anak muda Papua bangkit melalui teknologi. Banyak anak muda Papua yang sangat berbakat di dunia teknologi, bahkan mengenyam pendidikan di luar negeri yang dipastikan akan memberikan peran signifikan dalam kemajuan teknologi di Indonesia”.

Presentasi yang dilakukan secara brilian dan penuh percaya diri oleh Irsanto Imbiri menjelaskan berbagai macam fitur yang dimiliki oleh Containder. Secara garis besar terdapat empat fitur utama Containder yaitu:  Fitur pengawasan yaitu layanan yang menampilkan dashboard yang berisi segala macam kegiatan yang bisa di monitor, mulai dari kegiatan pekerja pengangkut sampah hingga status kebersihan TPS. Kedua fitur pelaporan yaitu dimana semua petugas kebersihan melaporkan pekerjaan melalui aplikasi. Ketiga fitur pembayaran yaitu layanan pembayaran retribusi kebersihan melalui containder menggunakan digital wallet. Keempat fitur pengaduan yaitu melalui layanan ini masyarakat bisa mengadu lewat aplikasi containder untuk status TPS atau sampah liar yang ada di lingkungan mereka.


Tidak hanya itu sejak diluncurkannya Containder, aplikasi teknologi ini telah melayani kebutuhan manajemen sampah di Teluk Bintuni Papua Barat dan telah mengantongi tanda kerjasama dan akan segera diimplementasikan di empat kota lainnya yaitu Biak, Jayapura, Ambon dan Bitung. 

Dalam Paparannya, Irsanto Imbiri menjelaskan kepada Presiden secara langsung, bahwa aplikasi ini didukung oleh Unilever yang mendanai instalasi awal aplikasi ini di Kota Biak dan Kota Jayapura. Irsanto berharap agar ada perusahaan-perusahaan lain yang ikut memberikan dukungannya kepada Containder.

Direktur Utama Containder, Indra Makalew yang ditemui di peresmian PYCH di Jayapura menambahkan “Containder adalah startup baru, dan walau kami masih terhitung baru, untuk mendapatkan kesempatan presentasi di depan Presiden Jokowi adalah sebuah prestasi yang luar biasa dan tidak semua startup mendapatkan kesempatan ini. Visi besar kami di Containder yaitu ingin berkontribusi untuk pelayanan persampahan di Kabupaten Kota di seluruh Indonesia dan memperbaiki manajemennya dengan menerapkan teknologi untuk optimalisasi pengelolaan sampah dari hulu hingga ke hilir”

Presiden Jokowi pun menyambut baik dan mengapresiasi juga memberikan semangat agar aplikasi Containder ini bisa menjadi solusi untuk kondisi persampahan di Indonesia.

Simak video lengkapnya pada tautan berikut: