UMB Berikan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi dan Literasi Digital bagi Kelompok Wanita Tani Desa Cileungsi Bogor

ANP • Wednesday, 22 Mar 2023 - 08:27 WIB

BOGOR - Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana (UMB) bekerja sama dengan Pemerintah Desa Cileungsi kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan yang diperuntukkan bagi anggota kelompok Wanita Tani (KWT) yang berlangsung pada tanggal 20 Maret 2023 bertempat di Forestopia Villa.

Kegiatan PKM ini  memberikan berbagai pelatihan pada pemanfaatan teknologi pada mobile phone terutama untuk kegiatan promosi dan pemasaran hasil pertanian ibu-ibu KWT.

Pada pembukaan acara yang disampaikan oleh perwakilan dari UMB yaitu ibu Dr. Ruci Meiyanti dan Baban Subandi A.Md selaku kepala desa Cileungsi mengharapkan agar ketrampilan ibu-ibu KWT semakin bertambah dengan adanya pembelajaran melek teknologi. Hal ini diharapkan dapat memberi dampak semakin meningkatnya kesejahteraan dan perekonomian masyarakat khususnya ibu-ibu KWT desa Cileungsi. Pembina KWT yang juga merupakan ibu kepala desa Cileungsi hadir menyemarakan acara pelatihan ini.

Berbagai aplikasi untuk mendukung kegiatan promosi hasil tani dan pemasarannya diperkenalkan dalam kegiatan PKM ini. Pelatihan aplikasi Digital marketing untuk pembuatan flayers yang disampaikan oleh bpk Ir. Fajar Masya, MMSI; Membuat foto dari HP dengan open Camera yang diberikan oleh Adi Hartanto,ST, M.Kom;

Pelatihan adobe express Graphic yang diberikan oleh Dr. Ruci Meiyanti, M.Kom; serta  pelatihan aplikasi Flayers yang disampaikan oleh bpk. Sukma Wardana S.Kom, M.Kom. 

Selain itu pengenalan digital marketing dengan Instagram dan Canva yang disampaikan ibu Wuwuh Hartiningsih ST., MMSI; Promosi wisata pertanian dengan Capcut pada media TikTok oleh ibu Nur Ismawati, ST.MCs; Pelatihan penggunaan aplikasi Lumbungin oleh ibu Dwi Anindyani ST, MTI; dan Implementasi google form sebagai alat bantu mengumpulkan informasi juga disampaikan oleh ibu Ratna Mutu Manikam S.Kom, MT.

Berbagai pertanyaan dari kegiatan pelatihan, praktek langsung di tempat, pemberian kuesioner dan doorprise semakin menambah hidup kegiatan PKM yang dipandu oleh ibu Wuwuh, ibu Lydia dan ibu Tiwuk dengan banyaknya mendapat apresiasi dan antusias dari ibu-ibu KWT desa Cileungsi.

Kegiatan PKM ini juga dibantu oleh beberapa mahasiswa UMB yang dengan sigap melayani dan mengajari pemanfaatan teknologi TI ini kepada peserta PKM yang hadir. Kegiatan PKM yang sangat bermanfaat bagi komunitas masyarakat selaku mitra UMB selanjutnya akan menjadi agenda rutin bagi Fasilkom UMB untuk senantiasa diadakan di tahun mendatang dengan tema yang kekinian dan lebih menarik lagi dalam penyelenggaraannya.