Kualitas Kesehatan Masyarakat Klungkung Meningkat Signifikan, Bupati Suwirta Raih Penghargaan

FAZ • Tuesday, 21 Mar 2023 - 06:51 WIB

Jakarta - Komitmen Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam meningkatkan kesehatan Masyarakat Kabupaten Klungkung, Bali, dinilai sukses dan berkelanjutan. Terbukti dari keberhasilan Kabupaten Klungkung yang kembali mendapatkan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dan mempertahankan penghargaan UHC Award ini, sejak 2017.

Hingga saat ini, Sejumlah 213.934 Jiwa atau 98,37 % dari total penduduk Kabupaten Klungkung telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS)

“Penghargaan ini kembali menjadi bukti keseriusan komitmen Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam menjamin kesehatan warga Klungkung, yang saat ini sudah mencapai 98,37% dari total penduduk di Kabupaten Klungkung, kita akan tuntaskan hingga 100%” Ujar Bupati Suwirta.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, diterima Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Selain itu, Kabupaten Klungkung juga diapresiasi dalam penanganan stunting, dimana sebelumnya, pada tahun 2021 ditemukan angka kasus stunting di Klungkung dinilai Tinggi, namun dengan kinerja Bupati beserta jajaran pemeritah daerah, saat ini angka Stunting di klungkung menjadi yang Terendah di Provinsi Bali.

“Kami ada program Bedah Desa, dimana program ini adalah upaya mengkontrol dan mengevaluasi secara langsung kesejahteraan masyarakat di Klungkung. Dan Stunting menjadi fokus perhatian sehingga kami membentuk membentuk Tim Percepatan Penurunan Stanting (TPPS). Tim tersebut diharapkan dapat bekerja cepat dan optimal. Suwirta meminta kepada semua tim untuk berkomitmen menuntaskan kasus stunting di Kabupaten Klungkung” Jelas Suwirta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/3/2023).

Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung,
dr. Made Adi Swapatni mencatat, penurunan angka stunting di Kabupaten Klungkung menurun cukup drastis dari sebelumnya tahun 2021 19.4% turun hingga saat ini pada angka 7,7%.

“Sesuai arahan Pak Bupati, Tim percepatan penurunan angka
Stunting bergerak cepat melakukan upaya-upaya agar data stunting di Klungkung menurun, salah satunya adalah melakukan edukasi, memonitor balita yang mengalami Stunting maupun yang terdeteksi gizi buruk” jelas dr. Adi.

“Selanjutnya, data tersebut diserahkan kembali kepada Bupati, agar kemudia dilakukan perbaikan gizi terhadap anak-anak tersebut sehingga penurunan angka stunting di Klungkung menurun secara Signifikan” lanjut dr. Adi.