BAZNAS Salurkan 6.687 Bantuan Paket Pangan Ramadhan dari King Salman

ANP • Monday, 20 Mar 2023 - 20:05 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyalurkan bantuan paket pangan Ramadhan dari lembaga bantuan kemanusiaan yang didirikan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud, King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSrelief).

Seremoni penyerahan dan pelepasan bantuan paket pangan tersebut dilaksanakan di Auditorium Achmad Subianto, Lantai 5 Gedung BAZNAS RI, Jl. Matraman Raya No. 134., Senin (20/3/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., Wakil Ketua BAZNAS RI Mokhamad Mahdum dan para Pimpinan BAZNAS lainnya, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi, Direktur Timur Tengah Ditjen Asia Pasifik dan Afrika Kemlu Bagus Hendraning Kobarsyih, Staf Kemensos Asep Sasa Purnama, Senior Specialist KSrelief, Majed Alanazi dan Adnan As-Siri, serta perwakilan Kementerian Agama yang juga Sekretaris Utama BAZNAS Dr. H. Muchlis Muhammad Hanafi.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., mengatakan, bantuan King Salman Humanitarian Aid and Relief Center sebanyak 6.687 paket untuk Ramadhan ini didistribusikan ke 22 kabupaten/kota di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Bantuan paket pangan Ramadhan berupa bahan pangan pokok senilai Rp1.000.000 disalurkan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat kurang mampu selama bulan Ramadhan," ujar Noor.

Noor menambahkan, penyaluran bantuan dilakukan secara transparan, akuntabel dan tepat sasaran untuk mereka yang benar-benar membutuhkan.

Pihaknya juga menyebut, BAZNAS telah memiliki database yang memadai untuk memastikan penerima bantuan.

"Melalui jaringan yang dimiliki BAZNAS dari pusat, provinsi hingga tingkat kabupaten/kota, BAZNAS telah memiliki database dan tim surveyor lapangan, untuk memastikan penerima bantuan benar-benar keluarga kurang mampu," ujarnya.

Noor juga menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak King Salman Humanitarian Aid and Relief Center yang telah memberikan bantuan dan menitipkan amanahnya melalui BAZNAS.

"Terima kasih telah memberikan bantuan kepada masyarakat Indonesia. Ada 30,7 juta lebih masyarakat miskin di Indonesia dan di antara mereka 5 juta adalah fakir miskin atau miskin ekstrem," ujarnya.

Noor berharap berharap kerja sama ini terus berlanjut untuk kesejahteraan umat Islam dan umat manusia di dunia.

Melalui kesempatan yang sama, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi menyampaikan terima kasih kami kepada semua pihak yang terlibat dalam Program Bantuan Pangan Ramadhan kerja sama antara BAZNAS dan King Salman Humanitarian Aid and Relief Center.

"Saya sangat berbahagia atas terlaksananya acara yang diberkahi ini, yang diselenggarakan pada hari ini, dua atau tiga hari sebelum memasuki bulan kebaikan dan rahmah, bulan Ramadhan yang penuh berkah," ujarnya.