Pasca Pandemi, Ini Geliat Masjid Cut Meutia di Ramadhan 2023

ANP • Saturday, 18 Mar 2023 - 15:09 WIB

JAKARTA - Pandemi Covid-19 pelan-pelan sudah meninggalkan Indonesia. Dua tahun lamanya, pandemi ini membuat banyak keterbatasan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Dan kini, suka cita menjalani ibadah Ramadhan 2023 kembali menggeliat.

Oleh karena hal itu, dalam rangka menyemarakkan Ramadhan tahun ini, Masjid Cut Meutia Menteng, Jakarta Pusat bakal menggelar sejumlah kegiatan.

Dijelaskan Ketua Panitia Ramadhan Masjid Cut Meutia H. Winyono Iman Santoso, tahun ini Masjid Cut Meutia mengusung tema "Dari Masjid Membangun Bangsa dengan Cinta".
 
Pria yang akrab disapa Onno ini menjelaskan, sejumlah agenda di bulan suci Ramadan 1444 H terdiri dari buka bersama gratis hingga Ramadhan Festival ke-12 yang dapat diikuti oleh seluruh jamaah selama satu bulan. Dan seperti tahun-tahun sebelum pandemi, Masjid Cut Meutia juga menggelar shalat tarawih plus sajian kultum dari para ustadz yang berbeda setiap harinya.

"Insha Allah kami memberikan yang terbaik untuk para tamu Allah yang beribadah di Masjid Cut Meutia selama bulan Ramadhan," ujar Onno di Jakarta, Jumat (17/3).

Onno menjelaskan, ketika berbuka puasa, panitia akan membagikan kotak makanan untuk jamaah di area lapangan depan masjid yang biasa digunakan sebagai lahan parkir dengan alas duduk. 

Tahun ini, setidaknya panitia menyiapkan nasi kotak sebanyak 1.000 boks setiap harinya, untuk air mineral dalam sehari disiapkan 17 kardus serta 30 kilogram kurma setiap harinya. Adapun untuk sahur, panitia juga menyediakan nasi kotak sebanyak 100-200 orang. Kegiatan sahur akan dimulai pukul 03.30 WIB. 

Onno menambahkan, panitia juga menggelar acara Ngabuburit Asik (Ngasik) bersama tokoh nasional. Seperti di 24 Maret 2023 bersama KASAL Laksamana TNI Muhammad Ali  dengan tema "Remaja Masjid Bintang 4". Lalu pada 30 Maret 2023 bersama Menteri BKPM, Bahlil Lahadalia dengan tema "Berinvestasi dengan Allah" dan pada 14 April 2023 bersama Menteri BUMN, Erick Thohir dengan tema "Akademik Akhlak, Belajar dengan Ahlinya".

Sementara itu, di pekan ketiga Ramadhan, Remaja Islam Masjid Cut Meutia (Ricma) mempunyai event besar menggelar Ramadhan Jazz Festival ke-12 yang dapat dinikmati secara langsung dan daring.

Sedangkan pada 10 hari terakhir Ramadhan, panitia juga membuka masjid untuk jamaah yang ingin beri'tikaf.

"Semoga rangkaian kegiatan ibadah di bulan Ramadan tahun ini berjalan lancar dan penuh dengan keberkahan," pungkas Onno.