Tampilan Jaipong  Angklung dan Kecapi Siswa SMPN 2 Cianjur Sukses Pukau 350 Siswa Jepang di Chiba

MUS • Friday, 17 Mar 2023 - 20:57 WIB

Tokyo - Siswa siswi SMPN 2 Cianjur Jawa Barat unjuk penampilan seni dan budaya Indonesia di hadapan 350 siswa siswi SMP Yachimata, Prefektur Chiba, dalam Program Pertukaran Pendidikan dan Budaya yang digelar pada 13 - 17 Maret 2023.

Kegiatan ini didukung penuh oleh KBRI Tokyo yang telah menjembatani kerja sama program ini. Dukungan juga diberikan oleh YAIFA (Yachimata International Friendship Assosiation), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemda Kabupaten Cianjur Jawa Barat, LPK Mizuno Semangat Bangsa dan para orang tua siswa SMPN 2 Cianjur. 

Atase Pendidikan dan kebudayaan (Atdikbud) KBRI Tokyo KBRI Tokyo Yusli Wardiatno berharap ke depannya program pertukaran budaya Indonesia – Jepang dapat terus dilakukan untuk memperkuat hubungan kedua negara di bidang Pendidikan, seni dan budaya.

“Bangga melihat penampilan mereka. Selain dapat menjadi duta bangsa dalam mempromosikan ragam kesenian Indonesia, anak-anak siswa Cianjur ini juga dapat belajar tentang adat istiadat, tarian tradisional dan bahasa Jepang serta berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Jepang. Termasuk belajar tentang sejarah dan budaya Jepang. Kolaborasi ini penting bagi hubungan Indonesia Jepang yang tahun ini memasuki usia 65 tahun,” terang Atdikbud Yusli Wardiatno yang didampingi Kepala Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) Ari Dryaningsih. 

Tarian Jaipong, permainan Kecapi Sunda, Angklung dan atraksi Pencak Silat dari 9 (Sembilan) siswa SMPN 2 Cianjur ini mampu memukau ratusan siswa SMP Yachimata. Permainan apik kecapi yang dibawakan Salsabilla Nur Apriliyani, salah satu siswa SMPN 2 Cianjur dengan lagu berjudul Sunda Mekar mampu membuat hanyut suasana. Persembahan Tarian Jaipong juga mendapat perhatian khusus dari para siswa SMP Yachimata. 

Program pertukaran budaya ini berlangsung sukses dan menjadi momen yang tak terlupakan bagi para siswa SMPN 2 Cianjur dan SMP Yachimata.