Pabrik Sido Muncul Dikunjungi Puluhan Mahasiswa Asing

MUS • Friday, 17 Mar 2023 - 16:11 WIB

Ungaran - Puluhan mahasiswa sekolah bisnis dari Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Indonesia (MM FEB UI), dan 11 universitas terpandang dunia, mengunjungi Pabrik Sido Muncul di Bergas, Kabupaten Semarang, Kamis (16/3).

Kedatangan para mahasiswa yang tergabung dalam jaringan Global Network for Advance Management (GNAM) ini ingin melihat dari dekat proses produksi Sido Muncul, sekaligus menggali inspirasi dari Irwan Hidayat, Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kurikulum yang menjawab kebutuhan global, dimana mahasiswa saat ini dituntut untuk memahami isu-isu terkini dunia manajemen, seperti startup, sustainability, social enterprise, transformational leadership, dan executive education, ujar Arviansyah PhD Vice Director of MM MBA Program FEB UI.

Apalagi, lanjutnya, dalam perekonomian global saat ini dibutuhkan pemimpin baru dengan konteks internasional yang dapat menjembatani negara dan komunitas pasar yang semakin complex, paradox dan diverse.

Dalam hal ini, Universitas Indonesia dituntut untuk dapat mencetak lulusan yang dapat bersaing di pasar global dan memiliki kemampuan leadership, managing complexities, serta memiliki keterampilan dalam bernegosiasi dan berkomunikasi yang handal.

"Jadi, pada prinsipnya UI kini dituntut menciptakan lulusan yang nantinya bisa menjadi pemimpin yang memiliki pola pikir global," tuturnya.

Dia menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa dapat belajar dan mengkaji bagaimana transformasi ekonomi dan sosial berlangsung. Bahkan merupakan kesempatan bagi mahasiswa, terutama mahasiswa asing, agar dapat menggali bagaimana proses transformasi berlangsung, berbagai hambatan yang ada, dan upaya yang telah dilaksanakan di negara ini.

Selain itu, mereka juga dituntut untuk melihat kondisi sosial dan budaya Indonesia dan tantangan negara ini ke depan, ujarnya.

Sementara itu, direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat menyambut gembira dan positif kedatangan para mahasiswa dari jaringan GNAM.

Irwan pun dengan senang hati membagikan kisah suksesnya dalam mengelola bisnisnya bersama keluarga, hingga perusahaan dapat go public.

"Saya merasa senang dikunjungi puluhan mahasiswa ini, karena ini bagian dari kepercayaan mereka terhadap Sido Muncul, tutur Irwan.

Apalagi, tutur Irwan, kunjungan ini juga diikuti mahasiswa asing dari 11 negara, yang tentunya apa yang mereka dapat dari kunjungan ke Sido Muncul bisa dibawa ke negaranya, sehingga brand Sido Muncul bisa makin dikenal di luar negeri.

"Semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi mereka, ujar Irwan.

Salah satu perwakilan mahasiswa, Keelan Michelsons, dari UNSW Business School Sidney, Australia menuturkan, kunjungannya ke Pabrik Sido Muncul sangat berkesan. Apalagi dari sisi teknologi yang digunakan sudah sangat modern.

"Saya sudah berkeliling pabrik, dan saya sangat tertarik dengan teknologinya yang keren dan mampu menghasilkan produk yang unggul, tuturnya.

Sebelum kunjungannya ke Pabrik Sido Muncul, Keelan pun mengaku sudah sangat mengenal Sido Muncul sebagai brand yang sangat kuat. (APb)