Handcraft Unik Dari Pekalongan

LAN • Thursday, 16 Mar 2023 - 18:31 WIB

Siapa yang tak kenal Kota Pekalongan, salah satu kota di pesisir pantai utara Provinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan dengan laut jawa di utara. Kota yang mendapat julukan kota batik ini memiliki UMKM-UMKM unik, seperti Sarung Tentrem dan Craft Denim. 

Sarung Tentrem merupakan brand batik yang dalam proses pembuatan kain Batiknya mengandalkan teknik Handmade (tanpa mesin) oleh pengrajin yang berpengalaman dirintis sejak 2019 bermula dari sang owner melihat banyaknya pengrajin yang berhenti memproduksi batik, Owner pun menggagas pembuatan sarung batik dengan berbagai teknik pengerjaan. 

Sarung sudah melekat pada ciri khas masyarakat Muslim di Indonesia. Meski sebenarnya penggunaan Sarung tidak mengacu pada identitas religius tertentu.
Dalam Program Trijaya UKM Forum (16/03/2023). Owner Sarung Tentrem M. Eddy Firdaus mengatakan keunikan sarung tentrem yaitu menggunakan warna yang netral dan menghilangkan pola sorot untuk menciptakan keluwesan desain agar bisa dipakai oleh siapa pun, para pria dari ras dan budaya apa pun tanpa memandang agama tertentu.

‘’ untuk sarung sendiri kalo kita ngomong hampir semua cowok punya sarung kan, dan saya pernah baca bahwa sarung itu tidak spesifik ke agama tapi lebih ke budaya, sarung tentrem ga punya sorot dan bisa dipakai untuk keseharian dan gampang di padu padankan,’’ ujar Eddy. 

Saat ini pemasaran Sarung Tentrem masih fokus full online, tapi kedepannya melihat representatif melihat pasar Sarung Tentrem akan merambah ke offline. Pembeli rata-rata berasal dari dalam negeri, tetapi produk kreatifnya rupanya sudah menembus pasar negara tetangga antara lain adalah  Malaysia dan Singapura. 

CRAFT DENIM didirikan sejak tahun 2012 dengan tujuan untuk memberdayakan dan mendidik penduduk setempat untuk membuat produk yang berkelanjutan. Craft Denim sangat senang melakukan ini karena karakternya yang sederhana, dan dapat menikmati setiap proses pembuatan produk.

Pada Kesempatan yang sama Owner Craft Denim, Raden Asyfa Fuadi menjelaskan semua produk di craft denim menggunakan warna alam. 

‘’ yang terakhir itu kita membuat warna dari kopi untuk baju dan celana, yang biasanya bijinya kita minum dan buahnya bisa menghasilkan warna, itu satu dari sekian banyak warna yang telah kita hasilkan’’

Craft denim memiliki berbagai produk seperti topi dengan kisaran harga 250 ribu rupiah dengan model yang bisa di pakai bagian luar dan dalam. 

‘’Di Tahun 2023 ini kita punya produk untuk wanita, antara lain outer kimono, scraft, tunik, tanktop,  yang biasanya kita cuma punya produk buat pria, ’’ ujar Asyfa. 

Eddy selaku owner Sarung Tentrem menambahkan dirinya berharap nantinya Sarung Tentrem akan lebih banyak berkolaborasi dengan pengrajin-pengrajin lainnya dan lebih dikenal lebih luas. Dan Asyfa owner Craft Denim juga menambahkan bahwa dirinya berharap akan banyak berkolaborasi kedepannya. (Shifa Az Zahra)