Jalankan Transformasi Digital, Pertamina Lubricants Raih Penghargaan Anugerah BUMN 2023

FAZ • Thursday, 16 Mar 2023 - 15:51 WIB

Jakarta - PT Pertamina Lubricants (PTPL), market leader produsen pelumas di Indonesia, kembali menggores prestasi dengan meraih penghargaan Terbaik II Kategori Transformasi Digital Anak Perusahaan BUMN dalam ajang Anugerah BUMN Awards 2023. Penghargaan diserahkan langsung kepada Corporate Secretary PTPL Rifqi Budi Prasetyo pada Rabu, 15 Maret 2023 di Jakarta.

Penghargaan yang mengusung tema “Akselerasi Transformasi Digital, Inovasi, Dan Recovery Bisnis BUMN” ini menilai perusahaan atas pencapaian bisnis dan dampaknya kepada masyarakat.

PTPL telah memiliki fondasi bisnis yang kokoh sehingga mampu terus bertahan dan tumbuh dalam goncangan bisnis khususnya dalam menghadapi transisiendemi. Kondisi pandemi lalu mengakselerasi perubahan dan transformasi digital PTPL menjadi perusahaan yang lebih agile, bergerak dalam mengimplementasikan berbagai programnya untuk menghadapi persaingan pasar yang kembali pesat.

Digitaliasi menjadi core business strategy sehingga PTPL terus mengembangkan
Program-program breakthrough yang mampu mendongkrak daya saing.

PTPL menjalankan transformasi dengan spirit “Digitally-Enabled Tranformation”. Perjalanan transformasi PTPL dimulai sejak tahun 2020 dengan pilar transformasi dan  enabler fundamentals yang fokus untuk memperkuat proses bisnis,  memanfaatkan pertumbuhan sintetik dan menjamin supply Base oil, mengembangkan portofolio product dengan new business strategy dan menembus pelanggan industri dalam produk dan layanan yang optimal.

Rifqi Budi Prasetyo mengatakan, "Digital Transformasi PTPL dapat tercapai dengan fokus pada enablers seperti talenta dan kapabilitas, performance lead organization dan digital foundation yang kuat."

Rifqi menambahkan bahwa PTPL telah menjalankan strategic initiatives dengan 20 breakthrough programs transformasi digital seperti Product portfolio optimization, Brand Equity Enhancement, Distributor & Channel Management, operational Excellence dan Sourcing Excellence.

Kedepannya, PTPL akan semakin berupaya untuk meningkatkan nilai tambah dan competitive edge melalui inovasi berkelanjutan dengan melahirkan produk, teknologi dan pelayanan yang berkualitas bagi konsumen baik secara domestik maupun global.