Google Perkenalkan Kemampuan AI Generatif di Google Cloud dan Google Workspace

ITK • Thursday, 16 Mar 2023 - 09:58 WIB
Thomas Kurian, CEO, Google Cloud

Jakarta Hari ini, Google memperkenalkan gelombang lanjutan dari inovasi kecerdasan buatan (AI) generatif di seluruh area inti bisnisnya. Sekarang, pengembang dan pebisnis dapat mencoba API dan produk baru yang memudahkan, aman, dan dapat ditingkatkan untuk mulai membangun model AI terbaik Google melalui Google Cloud dan ekosistem pembuatan prototipe baru yang disebut MakerSuite. Di Google Workspace, perusahaan memperkenalkan fitur baru yang membantu pengguna memanfaatkan kekuatan AI generatif untuk berkreasi, terhubung, dan berkolaborasi.

“Terobosan dalam AI generatif secara mendasar mengubah cara orang berinteraksi dengan teknologi – dan di Google, kami telah mengembangkan model bahasa besar (large language model) secara bertanggung jawab sehingga kami dapat menghadirkannya dengan aman ke produk kami,” ujar Thomas Kurian, CEO, Google Cloud. “Tujuan kami adalah untuk berani dan bertanggung jawab dalam pendekatan kami dan bermitra untuk meningkatkan model AI kami sehingga aman dan bermanfaat bagi semua orang. Kami senang dengan potensi AI generatif dan peluang yang akan dibukanya – mulai dari membantu orang mengekspresikan diri mereka secara kreatif, membantu pengembang membangun jenis aplikasi baru, hingga mengubah cara pebisnis dan pemerintah melibatkan pelanggan dan konstituen mereka.”

 

Cara mudah untuk mengeksplorasi dan membuat prototipe dengan aplikasi AI generatif

Bagi pengembang yang ingin membangun aplikasi generasi berikutnya dengan AI generatif, Google memperkenalkan antarmuka pemrograman aplikasi (API) PaLM, penawaran baru yang memudahkan dan aman untuk bereksperimen dengan model bahasa besar terbaik Google. Saat ini, Google menyediakan model yang efisien, dalam hal ukuran dan kemampuan, dan ukuran lainnya akan segera ditambahkan.

API ini juga dilengkapi dengan alat intuitif yang disebut MakerSuite, yang memungkinkan pengembang membuat prototipe ide dengan cepat dan, dari waktu ke waktu, akan memiliki fitur untuk rekayasa cepat, pembuatan data sintetik, dan penyetelan model kustom – semuanya didukung oleh alat keamanan yang tangguh.

 

Menghadirkan kemampuan AI generatif ke Google Cloud

Google menghadirkan kemampuan AI generatif baru ke portofolio Google Cloud AI nya untuk membantu pengembang dan organisasi mengakses keselamatan, keamanan, privasi tingkat perusahaan, serta berintegrasi dengan solusi Google Cloud mereka yang sudah ada. Ini termasuk:

  • Generative AI support in Vertex AI: Pengembang dan pebisnis telah menggunakan platform Vertex AI Google Cloud untuk membangun dan menerapkan model machine learning (ML) dan aplikasi AI dalam skala besar. Hari ini, Google Cloud mengumumkan Generative AI support in Vertex AI, yang menawarkan cara paling sederhana bagi tim data untuk memanfaatkan model dasar seperti PaLM, dengan cara yang memberi mereka pilihan dan kendali terbanyak. Generative AI support in Vertex AI awalnya akan menyediakan model dasar untuk menghasilkan teks dan gambar, dan seiring waktu dengan audio dan video. Pelanggan Google Cloud akan memiliki kemampuan untuk menemukan model, membuat dan memodifikasi perintah, menyempurnakannya dengan data mereka sendiri, dan menerapkan aplikasi yang menggunakan teknologi baru yang canggih ini.
  • Generative AI App Builder: Pebisnis dan pemerintah juga ingin membangun chat antarmuka dan asisten digital bertenaga AI milik mereka sendiri. Untuk mengaktifkan ini, Google Cloud memperkenalkan Generative AI App Builder, yang menyediakan cara tercepat bagi pengembang untuk memulai pembuatan aplikasi AI generatif—atau aplikasi gen—seperti bot, aplikasi chat, asisten digital, mesin telusur kustom, dan lainnya. dengan keahlian teknis terbatas yang diperlukan. Dengan akses API ke model dasar Google, pengembang dapat menggunakan template siap pakai untuk memulai pembuatan aplikasi gen dalam hitungan menit atau jam.

Dalam hal ini, Google Cloud memastikan organisasi memiliki kendali penuh atas apa, bagaimana, dan untuk apa data yang mereka digunakan.

Mulai hari ini, penguji tepercaya mengakses Generative AI support in Vertex AI dan Generative AI App Builder. Jika Anda tertarik dengan informasi terkini tentang peluang akses awal, silakan bergabung dengan komunitas teknis Google Cloud Innovators.

Fitur AI generatif baru di Google Workspace

Lebih dari tiga miliar pengguna sudah mendapatkan manfaat dari fitur yang didukung AI di Google Workspace, mulai dari menghemat lebih banyak waktu dengan Smart Compose dan Smart Reply di Gmail, membuat ringkasan otomatis di Google Docs, terlihat lebih profesional dalam rapat, dan tetap aman dari malware dan serangan phishing.

Hari ini, Google mengungkapkan visinya tentang bagaimana Google Workspace berkembang untuk menggabungkan AI sebagai mitra kolaboratif yang selalu ada untuk membantu individu mencapai tujuan mereka, di Gmail, Docs, Slides, Sheets, Meet, dan Chat.

Sebagai permulaan, Google menyematkan AI generatif di Docs dan Gmail untuk membantu orang mulai menulis.

Jika pengguna seorang HR profesional yang sibuk dan perlu membuat deskripsi pekerjaan yang disesuaikan atau orang tua yang menyusun undangan untuk pesta ulang tahun anak bertema bajak laut, Workspace menghemat waktu dan upaya pengguna untuk menuliskan contoh draft awalnya. Cukup ketik topik yang ingin ditulis, dan contoh (draft) akan langsung dibuat secara otomatis. Dengan mitra AI kolaboratif, pengguna dapat menyempurnakan dan mengedit, mendapatkan lebih banyak saran sesuai kebutuhan.

Menemukan gaya yang tepat dalam menulis terkadang rumit. Mungkin pengguna melamar pekerjaan baru atau menulis surat ke pemasok baru di industri yang lebih tradisional, dan pengguna perlu menggunakan nada yang lebih formal di email. Contoh lainnya, misalnya pengguna telah menuliskan beberapa catatan di ponsel dari rapat baru-baru ini dan ingin mengubahnya menjadi ringkasan yang lebih jelas untuk dibagikan kepada tim. Google menambahkan kemampuan AI generatif baru untuk membantu pengguna menulis ulang di berbagai skenario seperti contoh-contoh tadi dan banyak kemungkinan lainnya. Dan jika Anda berminat untuk membiarkan AI mencoba suara baru yang menyenangkan sekaligus, Anda dapat menekan opsi "Saya merasa beruntung" di Gmail.

Google akan menghadirkan pengalaman AI generatif baru ini di Google Workspace kepada penguji tepercaya secara bergilir sepanjang tahun, sebelum menyediakannya untuk publik.

“AI generatif adalah teknologi yang muncul dan berkembang pesat dengan tantangan yang kompleks. Itulah mengapa kami mengundang penguji eksternal dan internal untuk menguji pengalaman baru, dan mengapa kami memiliki Prinsip AI untuk memandu pekerjaan ini. Prinsip-prinsip ini juga menjadi komitmen berkelanjutan(*)