Polemik Kedatangan Timnas Israel U-20, PKS: Tolak Bangsa Penjajah!

MUS • Wednesday, 15 Mar 2023 - 16:22 WIB

Jakarta - Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Surahman Hidayat merespon rencana kedatangan Timnas Israel U-20 dalam ajang Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia.

“Sehubungan dengan ramainya, gaduhnya mendatangkan tim atau kesebelasan U-20 Israel maka harus diambil satu sikap,” ungkap Anggota Komisi VIII ini.

Pertama, imbuh Surahman, sikap itu harus konstitusional bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

“Dan satu-satunya negara yang masih menjajah bangsa atau negara lain adalah Negara Israel atau bangsa Yahudi. Oleh karena itu kita harus memegang teguh proklamasi kita, yaitu janji kita kepada Dunia,” terang Surahman.

Surahman menambahkan terkait dengan Palestina, bangsa kita juga perlu memahami bahwa Palestina adalah bangsa yang paling pertama mengakui kemerdekaan Indonesia.

“Jadi kita harus tau diri, bahwa yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Palestina. Oleh karena itu, kita juga perlu mengetahui bahwa Presiden pertama kita Bung Karno juga menolak untuk mengirimkan tim olahraga kita ke Israel begitupun sebaliknya,” ujarnya.

Dan, lanjut Surahman, Indonesia juga harus menyontoh negara Qatar dalam suksesnya penyelenggaraan Piala Dunia beberapa waktu lalu.