Inspiratif, Pemuda di Sleman 10 Tahun Lebih Cegah Kenakalan Remaja dan Pernikahan Anak

MUS • Wednesday, 15 Mar 2023 - 16:08 WIB

Yogyakarta - Pemuda kelahiran Sleman 09 Juni 1994 ini aktif mencegah kenakalan remaja dan pernikahan dini sejak SMA . 

Joni Prasetyo, pemuda 28 tahun mengawali gerakannya sejak di bangku SMA saat melihat teman sebayanya banyak mengalami permasalahan remaja seperti geng sekolah , Pernikahan dini , Seks bebas dan Napza. 

“Berawal dari pengalaman pribadi waktu itu saya waktu SMA pernah dibully , Pernah jadi korban klitih juga pernah menjadi konselor sebaya kepada teman-teman di sekolah,“ ungkap Joni 

Joni Prasetyo tercatat sebagai Ketua Forum Generasi Berencana Daerah Istimewa Yogyakarta pada periode 2017 - 2020 tak hanya di tingkat Provinsi ternyata Joni Juga menjadi Pengurus Pusat GENRE INDONESIA . 

Kiprahnya berawal dari eksistensinya saat mengubah wajah remaja di Kecamatan Ngemplak pada tahun 2013 - 2016 saat menjabat Ketua Pusat Informasi dan Konseling Remaja Kecamatan Ngemplak. 

Waktu itu pada tahun 2013 saya ingat betul kasus pemerkosaan dan disertai pembunuhan yang dialami siswi SMK yang kebetulan remaja kecamatan ngemplak, saya dan teman-teman remaja lain terus bertindak menginisiasi terbentuknya Pusat Informasi Dan Konseling Remaja di Kecamatan. Tujuannya untuk wadah bagi, oleh dan untuk remaja agar terhindar dari kasus-kasus seperti kenakalan remaja, seks bebas, pernikahan dini dan penyalahgunaan NAPZA," ungkapnya.

Dari kiprahnya tersebut pada tahun 2019 Joni Prasetyo diganjar Penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN RI) sebagai “ Inspirative movement, Voice Your Right “.

Penghargaan tersebut diberikan kepada remaja yang mampu memberikan dampak kepada remaja lain atas kegiatan dan advokasi nya sehingga dapat mempengaruhi kebijakan daerah. (Yof)