ITPLN Siap Sambut 1.400 Talenta Terbaik, Rektor: 50 Lulusan Terbaik Langsung Kerja di PLN

FAZ • Wednesday, 15 Mar 2023 - 13:09 WIB

Jakarta - Institut Teknologi PLN (ITPLN) merupakan salah satu universitas yang menyiapkan talenta terbaik di Tanah Air.

Mahasiswa lulusan terbaik dari Institut Teknologi PLN akan diterima dengan ikatan kerja di Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Rektor ITPLN Prof Iwa Garniwa mengatakan bahwa PLN menyiapkan kuota 100 orang jadi pegawai, jebolan dari Institut Teknologi PLN.

“Begitu selesai kuliah, langsung diterima bekerja di PLN,” kata Iwa Garniwa pada Rabu (15/3/2023).

Iwa Garniwa berujar bahwa sementara untuk 50 lulusan terbaik tahun 2023 akan diterima berkarir di PLN melalui jalur direct shopping atau perekrutan secara langsung.

ITPLN juga menyatakan, kesiapannya menyambut kedatangan para talenta terbaik Tanah Air dan seluruh dunia untuk bergabung.

Pada tahun 2023, ITPLN menargetkan ada 1.400 mahasiswa baru dari talenta-talenta terbaik bangsa.

Mereka akan dididik menjadi ahli di bidang energi yang berwawasan global di empat fakultas dan 13 program studi dari D3, S1 hingga S2.

Iwa Garniwa menuturkan bahwa pengetahuan di bidang listrik menjadi kebutuhan di masa mendatang, karena saat ini saja sudah banyak berbagai peralatan yang memakai tenaga listrik.

“Contoh yang mudah, kendaraan listrik dan kompor listrik namun pembangunan dan pelayanan kelistrikan melibatkan semua disiplin ilmu,” kata Iwa Garniwa.

Menurutnya, ITPLN adalah perguruan tinggi yang unik, jika dilihat dari nama-nama fakultasnya yang tidak dijumpai di perguruan tinggi lain.

Adapun terdapat empat fakultas di ITPLN, yaitu Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan; Fakultas Teknologi dan Bisnis Energi; Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan; serta Fakultas Telematika Energi.

“Nama-nama fakultas tersebut dirancang untuk menghadapi era transisi energi menuju net zero emission (nol emisi karbon),” ucap Iwa Garniwa.

 Iwa Garniwa menuturkan bahwa ada beberapa kelebihan kuliah di ITPLN, yaitu jaminan magang di seluruh instalasi PLN dan sub holding serta anak perusahaan di seluruh Indonesia, lulusannya langsung dibekali tiga sertifikat seperti sertifikat kompetensi sesuai bidang, sertifikat Bahasa Inggris dan seretifikat Microsoft Office Specialist.

Kemudian, ITPLN memiliki kerja sama dengan University of Tenaga Nasional Malaysia, Kookmin University Korea Selatan dan Slovak University of Technology Slovakia dan Singapore Polytechnic.

Oleh karena itu, mahasiswa memiliki kesempatan luas untuk melakukan studi banding ke dunia internasional.

“Kampus utamanya juga di berada di tempat strategis di Jakarta Barat, tepatnya di Menara PLN Jalan Lingkar Luar Barat, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat,” imbuh Iwa Garniwa.