Sempat Goyah, Anthony Ginting Sukses Melaju ke Babak 16 Besar All England Open 2023

LAN • Wednesday, 15 Mar 2023 - 11:48 WIB

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting berhasil melewati babak pertama All England 2023 melawan Kantaphon Wangcharoen (Thailand) lewat pertarungan dua gim langsung yang berlangsung di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Selasa (14/3/2023).

Sejak awal laga, Ginting yang merupakan unggulan ketiga dalam kejuaraan ini mampu tampil dominan dengan mengendalikan jalannya permainan, walau hampir goyah ketika kehilangan poin beruntun di tengah pertandingan.

Namun, netting silang dan smash keras di sudut lapangan menjadi senjata mematikan Ginting yang sulit dikembalikan wakil Thailand itu.

Ginting meraup enam poin beruntun selepas interval dan unggul 17-9. Wangcharoen gantian meraih empat poin berturut-turut dan memperkecil keteringgalan 13-17.

Wangcharoen mengejar poin menjadi 19-20. Satu jump smash Ginting mengakhiri gim kedua dengan kemenangan 21-19.

Pukulan tipuan alias deception khas Ginting juga sukses memborbardir pertahanan lawan hingga menang lewat straight game, 21-17, 21-19 dalam durasi 51 menit.


Selepas pertandingan, Anthony Ginting mengucapkan syukur dapat melewati duel kontra Kantaphon dengan hasil positif. 

“Pertama, mengucapkan syukur bisa bermain dengan baik dan tanpa cedera,” ujar Ginting dalam keterangan PBSI.

Kemenangan ini membawa Juara Hylo Open 2022 itu ke babak kedua All England 2023, dan bersiap melawan wakil India, Prannoy Sunil, yang menyingkirkan Wang Tzu-wei.

“Dan kalau sudah turnamen berjalan seperti ini, yang bisa disiapkan hanya mental dan strategi permainan. Kalau untuk fisik dan lain-lainnya mungkin sudah tidak bisa dibangun. Sejauh ini, persiapan saya sudah cukup baik,” Tutup Ginting.(Nisrina)