Balai Bahasa Jogjakarta Gelar Seminar Nasional Hari Bahasa Ibu Internasional

MUS • Wednesday, 15 Mar 2023 - 10:37 WIB

Yogyakarta - Seminar diikuti seratusan peserta dari Forpimda Provinsi DIY, perwakilan OPD, para guru dan pengajar dan masyarakat umum.

Turut hadir istri dari Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hemas, istri dari Komandan Korem Pamungkas Jogja, istri dari Komandan Pangkalan TNI Laut Jogja, Kepala BBY Dwi Pratiwi, dan segenap pejabat lainnya.

GKR Hemas  mempelajari dan mempraktekkan bahasa Jawa sebagai salah satu bahasa daerah akan menguatkan karakter, sopan santun, dan menambah kosa kata bahasa Jawa akan menjadikan pribadi penuturnya lebih baik. 

“Siapa pun etnisnya yang berbicara pertama kali dengan bahasa daerah, itulah bahasa ibu baginya. Penting bagi keluarga kita untuk melestarikan bahasa daerah karena generasi kini ada yang suka mempelajari bahasa asing,” kata GKR Hemas.

Kepala Balai Bahasa Jogjakarta Dwi Pratiwi menyampaikan "Tema yang diusung adalah Bahasa Jawa Sebagai Saka Guru Penyesuaian Masyarakat Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Arus Budaya Lokal."

Gelaran ini juga sekaligus mewadahi diskusi berkaitan dengan pelestarian bahasa Jawa. Terwujud dalam diskusi dan menjaring pendapat. Bagaimana bahasa Jawa menjadi sarana berpikir dan perkembangan IPTEK. (Yof)