Mentransformasi Kehidupan Masyarakat oleh Program Dulux Let's Colour

LAN • Monday, 13 Mar 2023 - 17:53 WIB

JAKARTA, 13 Maret 2023 – Kepariwisataan dan ekonomi kreatif memerlukan penguatan nilai kehidupan, pemuliaan sumber daya alam dan budaya serta nilai attractiveness yang semakin berkualitas dan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan komitmen PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), selaku produsen cat Dulux yang senantiasa memberikan hal-hal positif dan menginspirasi kehidupan masyarakat di komunitas lokal dengan memberikan warna pada kehidupan masyarakat. 

Melalui pengecatan kembali Kawasan Kota Tua Padang yang telah selesai pada bulan November tahun lalu, dan memberikan warna pada Jembatan Siti Nurbaya, transformasi kota Padang melalui program Let's Colour telah memberikan hal-hal positif yang nyata bagi masyarakat Padang dan peluang bagi para pedagang di sekitar dua destinasi wisata ikonik tersebut dan kesempatan bagi turis domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Padang untuk menikmati sekaligus belajar warisan budaya lokal.

AkzoNobel Decorative Paints Indonesia juga berbagi informasi mengenai program Let's Colour di Padang serta program Let's Colour yang berlangsung di Suryatmajan, Yogyakarta dengan Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, selaku Menparekraf RI. Beliau mengatakan pengembangan pariwisata memang memerlukan kerja sama dengan para pemangku kepentingan, seperti pihak swasta yang membantu memperindah kawasan wisata Indonesia.

“Salah satu kawasan wisata yang sedang dipicu perkembangannya oleh Kementerian Pariwisata adalah Desa Wisata yang berperan penting memacu potensi tumbuhnya ekonomi kreatif di lingkungan setempat, serta membuka lapangan kerja bagi warga yang dekat dengan lokasi wisata. Oleh karena itu jika ribuan desa wisata di Indonesia bisa diperindah dengan warna warni yang menarik, maka akan semakin banyak wisatawan asing maupun domestik yang tertarik untuk berkunjung.” Kata Sandiaga.

Hendri Septa, B. Bus. (Acc), M.I.B, Walikota Padang, mengatakan pengecatan yang dilakukan, membuat wajah Kota Padang terlihat jauh berbeda. Terutama di kawasan Kota Tua, yang selama ini kusam kini jauh lebih memberi kesan "hidup" dan menarik jika dipandang mata. 

“Setelah pengecatan ulang Kota Tua Padang dan memberikan warna pada Jembatan Siti Nurbaya, kami melihat hal-hal positif bagi masyarakat, ekonomi lokal dan sektor pariwisata. Hasil positif lainnya dari program Let's Colour di Padang yaitu pertumbuhan ekonomi lokal karena adanya efek berantai dari peningkatan sektor pariwisata di Padang. Dengan kawasan Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya yang lebih indah, Kota Padang siap mendukung program Visit Beautiful West Sumatra 2023."

Alam Gunawan, Ketua Komunitas BakCangk dan Ketua Relawan Wirausaha Mikro, mengungkapkan Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya telah menjadi tujuan wisata populer di Padang setelah dua ikon wisata tersebut diperindah.

“Dengan tampilan Kota Tua Padang yang lebih indah dan Jembatan Siti Nurbaya yang telah dicat warna-warni dan dihiasi juga dengan lampu-lampu di malam hari, komunitas-komunitas pariwisata di Padang siap mendukung pemerintah kota mengadakan festival pariwisata besar yang diadakan di dua landmark pariwisata di kota Padang.”

Program Let's Colour memberikan warna pada kehidupan masyarakat di seluruh dunia melalui ribuan program pengecatan, yang mana kekuatan positif cat dapat mengubah kehidupan, masyarakat dan lingkungan sekitar. 

“Kami senang melihat hasil positif dari program Let's Colour di Padang untuk mendukung kehidupan warga Padang dan Pemerintah Kota Padang. Kami juga senang bahwa Pemerintah Kota Padang sangat antusias meningkatkan sektor pariwisata yang didukung oleh cat kami yang inovatif, berkelanjutan dan tahan lama yang diaplikasikan di Kota Tua Padang dan Jembatan Siti Nurbaya." Kata Yudhy Aryanto, Country Commercial Head PT ICI Paints Indonesia 

Pengecatan ulang Kota Tua Padang dan memberikan warna pada Jembatan Siti Nurbaya, yang selesai pada bulan November 2022, merupakan salah satu program Let's Colour terbaru di Indonesia. Sejak tahun 2016, beberapa program Let’s Colour telah dilaksanakan, termasuk di Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang, Salatiga, dan Yogyakarta.