Turis Asing Tak Boleh Lagi Sewa Sepeda Motor Saat Wisata di Bali

LAN • Monday, 13 Mar 2023 - 17:51 WIB

Pemerintah Provinsi Bali mewajibkan turis asing untuk memakai mobil dari travel agen setelah melarang turis asing melakukan perjalanan wisata di Bali untuk sewa atau rental motor. Larangan ini lantaran banyak ditemukannya turis asing melanggar aturan lalu lintas di Bali. 

Aturan ini berdasarkan hasil penindakan Polda Bali, ditemukan banyak wisatawan khususnya wisatawan mancanegara melanggar aturan lalu lintas mulai dari tidak pakai baju saat berkendara, tidak pakai helm sampai tidak ada lisensi untuk berkendara.

I Wayan Koster, Gubernur Provinsi Bali  menuturkan, perubahan aturan tersebut baru berlaku pada 2023 setelah pandemi Covid-19 untuk membenah sistem pariwisata yang tidak hanya berorientasi pada jumlah kunjungan wisata setiap tahun, tetapi juga mempertahankan pariwisata yang berbudaya. 

Hal ini disampaikan I Wayan saat gelar konferensi pers di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bali, Denpasar, Minggu, 12 Maret 2023.

‘’Jadi, para wisatawan itu harus berpergian jalan menggunakan mobil-mobil dari travel agent. Tidak diperbolehkan lagi menggunakan kendaraan yang bukan dari travel agent. Pinjam atau sewa itu tidak diperbolehkan lagi," ujar I Wayan Koster.

Koster juga menambahkan bahwa pihaknya beserta tim pengawasan akan menindak tegas turis asing yang melanggar aturan. (Shifa Az Zahra)