Hampir 2 Juta WNI Berobat ke Luar Negeri, ini Respon Kemenkes

MUS • Monday, 13 Mar 2023 - 13:59 WIB

Jakarta - Fenomena banyaknya WNI yang berobat ke luar negeri kembali disinggung Presiden Joko Widodo. Presiden mengatakan, terdapat hampir 2 juta WNI yang lebih memilih berobat di rumah sakit luar negeri, ketimbang di Indonesia. Hal itu berakibat langsung pada potensi devisa sebesar Rp 165 triliun yang hilang ke berbagai negara.

"Informasi yang saya terima, hampir 2 juta masyarakat kita itu masih pergi berobat ke luar negeri apabila sakit," ujar Jokowi beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan, banyaknya WNI yang berobat ke luar negeri tidak perlu dikaitkan dengan kurangnya pelayanan rumah sakit maupun kualitas SDM di Indonesia. 

“Memilih pengobatan berarti sama saja seperti memilih pelayanan secara keseluruhan, bukan hanya memilih dokternya saja. Semisal kita memilih dokternya bagus, namun alatnya tidak canggih ya gak bisa. Semisal pula kalau dokternya bagus, alatnya canggih, namun pelayanannya tidak baik ya gak bisa juga,” ungkap Syahril pada wawancara di Trijaya FM, Senin, (13/3/2023). 

Permasalahan ini, kata Syahril, harus dikaji lebih komprehensif dengan memperhatikan beberapa hal seperti, infrastruktur sarana prasarana dengan menyediakan kursi yang nyaman kepada pasien untuk menunggu.

"Misalnya setelah dipanggil oleh pihak rumah sakit, bagaimana perawat memperlakukan seorang pasien. Terakhir, ketika sudah bertemu dengan dokter, maka dapat dikaji bagaimana dokter memberikan sambutan dan penjelasan yang bagus," pungkas Syahril. (Savira)