Pilpres 2024, Aktivis 98 Aznil Tan:  Rakyat Harus Berani Munculkan Capres Lebih Banyak

AKM • Monday, 13 Mar 2023 - 11:36 WIB

Jakarta - Ditengah kejenuhan masyarakat para kandidat yang mendominasi pencapresan pada Pemilu 2024 membuat aktivis 98 bersuara.

Tokoh Aktivis 98 Aznil Tan menyerukan masyarakat untuk berpartisipasi memunculkan calon presiden lain.  Aznil yang juga ketua Ikatan Alumni UMB (ILUNI UMB) mengatakan Rakyat sudah jenuh dengan tiga nama beredar ditengah masyarakat digadang-gadangkan sebagai calon Presiden. 

“Satu udah usang, dan 2 kandidat lainnya berpotensi akan meneruskan perseteruan kampret dan cebong. Maka rakyat harus berani memunculkan calon presiden yang lain," ujarnya  disea-sela peringatan 2 Tahun  Ikatan Alumni UMB (ILUNI UMB), Jakarta, Minggu (12/03).

Menurut Aznil, demokrasi akan berkualitas apabila diikuti banyak pasangan calon presiden.

"Demokrasi kita akan berkualitas apabila muncul banyak calon presiden yang ditawarkan kepada rakyat. Makanya kita mengecam operasi _mensetting_ calon presiden cuma ada 2 pasang. Hal itu berpotensi konflik yang memecah persatuan, juga membuat demokrasi sakit," ucapnya.

Ia menegaskan bahwa potensi-potensi anak bangsa untuk menjadi presiden sangat banyak, namun ditenggelamkan oleh oligarki politik dan sistem Pemilu yang tidak membuka pencapresan independen.

"Banyak anak bangsa berkualitas menjadi presiden, katakanlah, seperti Moeldoko, Mahfud MD, Srimulyani dan lain-lain tapi tenggelam oleh kekuatan oligarki yang menguasai panggung politik dan menutup pencapresan independen, " pungkasnya.

Dalam Acara peringatan 2 tahun ILUNI UMB yang dihadiri pengurus dan aktifis 98 ini, juga memberikan Satunan kepada Anak Yatim sekaligus peresmian Sekretariat Bersama Iluni UMB di jalan Tebet Barat No. 7, Jakarta Selatan.