Mimpi Ganjar Hadirkan Deep Purple di Jawa Tengah Terwujud

MUS • Saturday, 11 Mar 2023 - 09:22 WIB

Surakarta - Keinginan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menghadirkan Deep Purple di Jawa Tengah akhirnya tercapai. Band hard rock legendaris asal Inggris itu akhirnya menuntaskan turnya di Indonesia usai mentas di Auditorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jumat (10/3/2023) malam.

"Ini dulu sebenarnya saya yang minta, baru terealisasi sekarang. Begitu ada tawaran Deep Purple mau ke Indonesia dan meminta Jawa Tengah jadi tuan rumah, langsung saya jawab iya. Tempatnya di Solo," kata Ganjar di temui di lokasi.

Menurut Ganjar, antusias masyarakat juga sangat hebat untuk melihat band legendaris itu manggung di Solo. Apalagi penonton yang datang juga berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Konser itu sekaligus pengobat rindu masyarakat untuk menonton musisi legendaris dunia.

"Ada ekspresi kegembiraan dan tentu saja buat orang-orang yang umurnya separuh ke atas pasti akan sangat senang menikmati konser ini. Banyak orang dari seluruh Indonesia datang ke Solo dan tentu saja menarik apalagi mereka yang tahun 70an dan 80an suka musik hard rock apalagi Deep Purple hari ini rindunya terbayarkan," ungkapnya.

Bahkan Ganjar mengaku ia seperti kembali ke masa-masa SMA. Di mana masa-masa itu ia sangat menggandrungi musik rock, terlebih band Deep Purple. Salah satu lagu yang berkesan bagi Ganjar adalah Smoke On The Water. 

"Saya sendiri merasa kembali seperti anak SMA. Melihat lagu-lagu lama yang didendangkan oleh Deep Purple dan tentu saja luar biasa. Mereka sangat senior tetapi mereka semuanya masih fit menyanyikan sampai terakhir. Top," kaya Ganjar.

Sementara untuk konser kedua Deep Purple di Indonesia ini, musisi Indonesia Godbless kembali menjadi band pembuka. Ini juga menjadi pertemuan kembali dua band legendaris itu di satu panggung setelah puluhan tahun silam.

"Itu pasti top. Mereka pasti akan saling sharing pengalaman dan yang menarik kan dua-duanya senior semua. Dua-duanya sudah senior, sudah gaek betul dan lihat saja Mas Iyek (Ahmad Albar) tadi nyanyinya masih kayak gitu. Ian Gillan dengan usia segitu, performance-nya kayak gitu kan top banget," ujar Ganjar.
[11/3 07.24] Pers Puji GP: Intip Gaya Ganjar dan Keluarga Nonton Konser Deep Purple di Solo

Surakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi salah seorang tokoh atau pejabat publik yang hadir menonton konser Deep Purple di Surakarta, Jumat (10/3/2023) malam. Gaya Ganjar saat menonton konser band legendaris asal Inggris itu juga berbeda dengan lainnya. Ia memilih menonton di tribun festival daripada duduk di kursi VIP.

"Nonton musik rock kok jagongan. Nonton musik rock itu yang menarik ya kumpul bareng, masyarakat jingkrak-jingkrak gitu. Kecuali nonton musik klasik itu rapi," katanya saat ditemui di tribun festival sambil lesehan menunggu band idolanya naik panggung.

Ganjar yang datang bersama istri, Siti Atikoh Ganjar Pranowo, dan putranya Zinedine Alam Ganjar, memang sempat naik ke tribun VIP. Namun itu hanya untuk menyapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ibu negara Iriana Joko Widodo yang sudah lebih dulu datang di lokasi. Di tribun VIP juga terlihat Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka beserta tokoh lainnya.

"Tapi tadi ketemu Pak Presiden di atas, kalau beliau kan harus di sana. Saya izin dulu. Izin Pak, saya mau ke bawah, ketemu teman-teman. Saya izin di bawah biar bisa loncat-loncat," ungkapnya.

Ganjar sendiri sudah berada di tribun festival pada pertengahan aksi panggung Godbless. Ia bersama keluarga terlihat ikut menyanyikan sejumlah lagu yang dinyanyikan oleh band Godbless, seperti Panggung Sandiwara dan Rumah Kita.

Usai aksi panggung Godbless, hampir seluruh penonton di tribun festival duduk lesehan menunggu Deep Purple naik panggung. Tak ketinggalan Ganjar sekeluarga juga ikut duduk lesehan di antara para penonton. Ia terlihat sangat menikmati suasana tersebut.

Begitu tanda-tanda personel Deep Purple masuk ke panggung. Ganjar sontak berdiri dan ikut histeris menyambut band legendaris yang moncer pada tahun 70an dan 80an itu. Sebab itu adalah kali pertama Ganjar menonton Deep Purple secara langsung karena pada konser pertamanya di Indonesia sekitar 48 tahun silam ia masih kecil.

Selama aksi panggung Deep Purple, Ganjar tak henti bergerak. Sesekali ia terlihat berjingkrak mengikuti alunan musik. Tak hanya itu, Ganjar juga terlihat sangat hafal lagu-lagu Deep Purple dengan ikut bernyanyi pada beberapa lagu. Begitu halnya dengan Siti Atikoh yang semangat bernyanyi.

"Ini sama keluarga juga. Satu keluarga rocker semua," ungkap Ganjar. (Den)