BNPT Gelar RAN PE Awards 2023

ANP • Friday, 10 Mar 2023 - 16:51 WIB

Jakarta – Selama dua tahun pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Ektremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE), berbagai inisiatif dan kerja kolaboratif kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan organisasi masyarakat sipil telah membuahkan hasil yang baik.

Mengapresiasi capaian tersebut, Sekretariat Bersama RAN PE menggelar RAN PE Awards 2023 pada hari Jumat, 10 Maret 2023 di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta. Melalui acara ini, Sekretariat Bersama RAN PE memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan Perpres RAN PE.

"Penghargaan ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021. Program ini berbasis kolaborasi dan sinergi di antara unsur pemerintah, civil society, kemasyarakatan dan juga organisasi internasional," kata Kepala BNPT Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar di Jakarta, Jumat (10/3/2023)

Boy menyebutkan terdapat empat kategori penerima RAN PE Awards. Pertama, kategori inisiator pelaksanaan RAN PE diberikan kepada pemerintah pusat dan daerah yang menginisiasi pelaksanaan RAN PE. Di tingkat pusat, penghargaan ini diberikan kepada Kementerian Dalam Negeri dan Komnas Perempuan.


Sedangkan di tingkat daerah, penghargaan jatuh kepada Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Aceh, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Kota Surakarta, dan Kota Bandung.

Kategori kedua adalah Kategori Berkomitmen, diberikan kepada K/L yang konsisten dalam memberikan kontribusi terkait RAN PE di masing-masing pilar. Penghargaan kategori berkomitmen pada Pilar 1 (Pencegahan) diberikan kepada Kemendikbud Ristek, Pilar 2 (Penegakan Hukum, Pelindungan Saksi dan Korban, dan Penguatan Kerangka Legislasi Nasional) diberikan kepada Kejaksaan Agung, dan Pilar 3 (Kemitraan dan Kerja Sama Internasional) diberikan kepada PPATK.

Selanjutnya Kategori Inisiator Program Berkelanjutan, diberikan kepada K/L dan organisasi masyarakat yang memiliki program berdampak dan berkelanjutan. Penghargaan ini jatuh kepada Polri, AMAN Indonesia dan Peace Generation.

Kategori yang terakhir adalah Kategori Inisiator Kolaborasi Multipihak yakni penghargaan yang diberikan kepada K/L dan organisasi masyarakat yang aktif berkolaborasi dalam pelaksanaan RAN PE. Penerima penghargaan ini adalah Wahid Foundation melalui program Sekolah Damai bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, serta Ditjenpas Kemenkumham dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih melalui program rehabilitasi dan reintegrasi bagi narapidana dan mantan narapidana terorisme.

Selain memberikan penghargaan, RAN PE Awards 2023 juga menjadi momen peluncuran Forum Kemitraan Nasional antara Pemerintah dengan Pemangku Kepentingan di Masyarakat. Forum Kemitraan sendiri merupakan wadah untuk mendorong efektivitas pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah kepada terorisme.


Implementasi RAN PE yang optimal dan berdampak merupakan wujud nyata pendekatan utama RAN PE  “Whole Government and Whole Society Approach.” Kehadiran RAN PE diharapkan mampu memenuhi hak atas rasa aman setiap warga negara dari paham dan aksi ekstremisme, serta memelihara stabilitas keamanan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

RAN PE Awards 2023 dihadiri 400 orang perwakilan dari 48 K/L, pemerintah daerah, Kedutaan Besar negara sahabat, serta organisasi masyarakat sipil. Acara ini merupakan hasil kolaborasi Sekretariat Bersama RAN PE, UNDP, AIPJ2, I-KHub, dan Wahid Foundation.