Hari Musik Nasional 2023, Ini Dia 3 Band Metal Favorit Jokowi!

LAN • Thursday, 9 Mar 2023 - 19:09 WIB

Jakarta -- Indonesia memperingati Hari Musik Nasional pada hari ini (9/3/23). Musik telah menjadi bagian sehari-hari yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia termasuk Presiden Indonesia ke-7, Joko Widodo yang gemar mendengarkan musik terutama aliran musik keras dari rock hingga metal.

Nah, kira-kira apa saja ya band favorit Presiden Jokowi? Yuk, simak tiga band metal favorit Jokowi, di bawah ini!

1.    Lamb of God
Band yang dikenal sebagai New Wave of American Heavy Metal dengan beranggotakan Randy Blythe (vokalis), Mark Morton dan Willie Adler (gitaris), John Campbell (bassis), dan Chris Adler (drummer) ini telah berdiri sejak tahun 1994.

Jokowi pernah menyaksikan langsung konser Blythe dan kawan-kawan. Vokalis Lamb of God, Blythe juga sangat mengagumi sosok Jokowi dan selera musiknya.

2.    Metallica
Band yang mendapat predikat band metal terbaik di dunia ini adalah salah satu band favorit Jokowi dari masa muda hingga sekarang. Formasi dari band ini ialah James Hetfield (vokal dan gitar), Lars Ulrich (drum), Kirk Hammett (gitar) dan Robert Trujillo (bass). 

Saat Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen mengunjungi Istana Bogor, Ia memberikan titipan berupa box set album Metallica Master of Puppets yang ditandatangani langsung oleh drummer Metallica, Lars Ulrich. Dalam momen tersebut, Presiden Jokowi terlihat begitu senang saat menerimanya. 

3.    Slank
Band yang beranggotakan Bimbim, Kaka, Ivanka, Ridho, dan Abdee ini memiliki musik yang energik, lirik yang relevan, serta perpaduan hard rock dan musik blue. Ditambah dengan gaya dan bahasa personilnya yang nyentrik, membuat Slank menjadi salah satu band yang sangat khas dan memiliki pengaruh besar bagi industri musik Indonesia. 

Dengan musiknya yang unik, Slank mempunyai fans yang tersebar baik di dalam maupun luar negeri. Tak heran jika Presiden Jokowi menggemari musik dari band Slank.

Dalam rangka Hari Musik Nasional 2023, Presiden Jokowi mengatakan, musik tanah air saat ini mulai memunculkan fenomena baru, karena globalisasi dan perkembangan informasi yang semakin cepat mempengaruhi musik di Indonesia. Ia berharap musik Indonesia dapat terus memberikan dampak positif.