Founder El Medina Menyesalkan Pemerintah Izinkan Timnas Israel ke Indonesia untuk Piala Dunia U-20

FAZ • Thursday, 9 Mar 2023 - 05:48 WIB

Jakarta - Direktur dan Founder El Medina Syeikh Ali Jaber Rahimahullah, Deva Rachman, sangat menyayangkan jika Pemerintah Indonesia dan FIFA memberikan izin timnas Israel berlaga di Piala Dunia U20 mendatang di Indonesia. 

Komentar ini disampaikan terkait dengan pemberitaan di media tentang komentar Ketua PSSI yang juga Meneg BUMN Erick Thohir yang mengatakan akan melindungi Timnas Israel jika mereka akan bermain di Piala Dunia U20 tahun 2023 di Indonesia. 

Deva mengatakan bahwa hal ini bukan saja menyakiti umat muslim yang menentang perlakuan pemerintah Israel terhadap rakyat Palestina namun juga seperti memperlihatkan sikap tidak tegas pemerintah dalam menyikapi konflik Palestina dan Israel.

“Di saat para atlet negara muslim tidak mau bertanding dengan atlet Israel sebagai bentuk protes terhadap perlakukan mereka terhadap rakyat Palestina yang setiap hari merasakan kekerasan, pembunuhan dan penyiksaan dari pemerintah Zionis Israel, Indonesia malah akan menerima mereka,” kata Deva. 

“Seharusnya Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, harus menyuarakan protes. Kok ini malah dibolehkan datang dan bermain?” Tambahnya. 

“Ini bukan hal politik, tapi mengenai kemanusiaan. Tindakan Israel tidak bisa ditolerir, dan Indonesia mempunyai sejarah panjang dalam bersahabat dan mendapatkan dukungan kemerdekaan dari Palestina,” sambungnya. 

Keinginan Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan sport nasional jangan sampai mencederai kemanusiaan. Hal ini amat bertentangan dengan Pembukaan UUD 1945, dimana penjajahan diseluruh dunia harus dihapuskan. 

El Medina Syeikh Ali Jaber Rahimahullah adalah majelis ilmu yang dibentuk setelah Ulama Syeikh Ali Jaber Rahimahullah wafat. Kegiatannya berfokus pada tilawah Al quran dan ilmu-ilmu kajian Islam.