Anggota DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim Pertanyakan Puluhan Bus Transjakarta Tua yang Hanya Tersisa Rangka

FAZ • Wednesday, 8 Mar 2023 - 17:53 WIB

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengaku ada 21 bus Transjakarta tua yang kini tak lagi berbentuk armada bus. Dari 36 bus Transjakarta yang tersimpan di Terminal Pulo Gadung, 21 bus kini hanya tersisa potongan kursi, velg, hingga tabung bahan bakar gas.

Hal ini dipaparkan Pemprov DKI dalam rapat Komisi C DPRD DKI Jakarta. Pada rapat tersebut, Pemprov DKI mengajukan penghapusan aset 417 bus Transjakarta yang sudah tak terpakai. 21 unit yang kini tak lagi memiliki kerangka bus tersebut masuk dalam ratusan unit bakal dihapus asetnya.

Kondisi ini pun dipertanyakan. Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim heran mengapa ada bus yang kini tak lagi utuh.

"Di Terminal Pulo Gadung, dari 36 unit bus, sisa 21. Setelah 21 unit pun yang ada cuma tabung dan kursi. Ini coba dijelaskan ke kita. Maksudnya sisa 21 unit ini cuma tabung-kursi?" cecar Lukmanul di di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu, 8 Maret.

Seusai rapat, Sekretaris Dinas Perhubungan DKI Jakarta Ismanto menjelaskan penyebab ada bus Transjakarta yang kini tak lagi utuh. Dia bilang, bus-bus tersebut disimpan di pool dan terminal yang tidak mendapat penjagaan. 

Sehingga, orang-orang bisa memasuki kawasan tersebut tanpa sepengetahuan Dishub DKI. Kerangka, suku cadang, hingga fasilitas-fasilitas dalam bus tersebut dilepas dan dicuri. Bahkan, kasus pencurian ini telah ditangani oleh pihak kepolisian dan pelaku sudah ditahan. 

"Pascadioperasikan, busnya itu kan disimpan. Mungkin, ada isu pengamanan terhadap aset atau barangkali ada penjarahan. Sehingga, muncul 21 bus (yang tak lagi utuh). Nanti akan kami klarifikasi lebih lanjut supaya posisinya jadj clear buat semua," jelas Ismanto.