Wakil Dubes RI untuk Jepang: Penerbangan Garuda Tokyo-Manado Mudahkan Arus Wisatawan Jepang

MUS • Tuesday, 7 Mar 2023 - 13:51 WIB

Tokyo - Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang John Tjahjanto Boestami meresmikan penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Tokyo menuju Manado dengan tujuan akhir Denpasar di Bandara Narita pada Selasa, 7 Maret 2023. 

Pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 885 ini menggunakan armada Airbus A330-300 dengan kapasitas 251 penumpang dengan 36 penumpang di kelas bisnis dan 215 penumpang di kelas ekonomi. 

Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Kepala Kantor Perwakilan Garuda Indonesia di Tokyo Sony Syahlan dan Direktur Eksekutif Bandar Udara Narita Makoto Tanabe dan sejumlah pimpinan daerah Sulawesi Utara.

Wakil Dubes John Tjahjanto Boestami memastikan penerbangan Tokyo - Manado ini akan semakin memudahkan arus wisatawan Jepang berlibur ke sejumlah destinasi wisata di Sulawesi Utara.

"Penerbangan ini tentunya dapat menarik lebih banyak wisatawan Jepang ke Sulawesi Utara dengan berbagai keindahan alamnya, utamanya ke Likupang yang merupakan destinasi wisata super prioritas Indonesia,” ujar Wakil Dubes John Tjahjanto Boestami yang didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie dan Diplomat Muda Jurman Saputra Nazar.

“Dalam peringatan 65 tahun Indonesia-Jepang, KBRI Tokyo selalu menggelar promosi wisata Indonesia ke dalam setiap kegiatan KBRI Tokyo, termasuk dalam rangkaian Indonesia – Japan Frienship Day yang telah dan akan digelar di 13 kota di Jepang", tambahnya.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menjelaskan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus melakukan pembenahan lokasi wisata di antaranya Likupang yang merupakan salah satu tujuan utama wisata.

"Kerja sama ini sangat berjalan baik. Kami akan terus melakukan pembenahan destinasi wisata di Sulawesi Utara. Kita harapkan dengan ini bisa ada terus peningkatan jumlah wisatawan khususnya dari Jepang," kata Olly Dondokambey.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Garuda Indonesia di Tokyo Sony Syahlan berharap penerbangan Tokyo - Manado – Denpasar ini dapat terus berlanjut. 

Penerbangan Tokyo-Manado dengan tujuan akhir Denpasar ini dilakukan setiap Selasa. Sementara itu penerbangan setiap Kamis dan Sabtu langsung menuju Denpasar tidak melalui Manado. 

Sebelumnya, Garuda Indonesia mengoperasikan rute perdana Bandara Sam Ratulangi Manado ke Bandara Narita Tokyo pada Kamis 2 Maret 2023.