Menteri Hadi Luncurkan 7 Layanan Cepat dalam Rakernas Kementerian ATR/BPN

FAZ • Tuesday, 7 Mar 2023 - 12:07 WIB

Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto meluncurkan tujuh layanan cepat dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian ATR/BPN di Hotel Shangri-La, Selasa (7/3/2023).

Dalam Rakernas tahun ini, Kementerian ATR/BPN membahas peningkatan investasi melalui transformasi digital dan kepastian hukum di bidang tata ruang dan pertanahan.

Menteri Hadi Tjahjanto didampingi Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni, meresmikan tujuh layanan kantor yang memberikan dampak signifikan terhadap performa kerja Kementerian yang dinamai Julapat, akronim dari tujuh layanan cepat.

“Tujuh Layanan ini adalah 79% dari total layanan di Kantor ATR/BPN,” ujar Menteri Hadi Tjahjanto, dalam keterangan tertulis yang diterima.

Hadi menjelaskan bahwa tujuh layanan tersebut diluncurkan untuk dinasionalisasi ke seluruh Kantor ATR/BPN yang pelaksanaanya tidak memerlukan kegiatan lapangan, dan dapat diterapkan secara elektronik.

“Layanan ini juga tidak memerlukan analisa mendalam dan tidak melibatkan pihak eksternal,” lanjut Menteri Hadi.

Tujuh layanan tersebut adalah Pengecekan Sertipikat, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), Roya Manual dan Roya Elektronik, Hak Tanggungan, Peralihan (kecuali warisan), Pendaftaran Surat Keputusan, dan Perubahan HGB menjadi Hak Milik.

Hadi berharap dengan diluncurkannya layanan ini dapat mempermudah dan mempercepat layanan sehingga masyarakat dapat merasakan kemudahan layanan.