Pastikan Kesiapan Pemilu 2024, KSP Gelar Rapat Bersama Enam Pj Gubernur Sewilayah Papua

FAZ • Monday, 6 Mar 2023 - 05:30 WIB

Jakarta - Kantor Staf Presiden (KSP) menggelar rapat koordinasi bersama Pj Gubernur sewilayah Papua guna membahas tahapan persiapan pemilihan umum (pemilu) 2024 berjalan lancar di wilayah Papua.

Pada rapat yang dipimpin oleh Deputi V KSP, Jaleswari Pramodhawardani itu dihadiri oleh 6 Penjabat Gubernur masing-masing provinsi yaitu Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Barat Daya, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, Provinsi Papua Selatan, dan Pelaksana harian Provinsi Papua.

"Sesuai arahan Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn.) Moeldoko, KSP akan memberikan prioritas pada beberapa isu strategis, antara lain pemilu dan Papua," ujar Jaleswari di kantor KSP, Jumat (3/3/2023).

Jaleswari juga menyampaikan apresiasi atas kelancaran persiapan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024 yang telah berlangsung di wilayah Papua hingga saat ini.

"Beberapa tahapan yang saat ini dilalui khusus di wilayah Papua adalah seleksi KPUD, Bawaslu Daerah," ucapnya.

Deputi V KSP itu pun menambahkan bahwa khusus di wilayah Papua, sesuai Undang-Undang Otonomi Khusus maka tahapan Pemilu 2024 mencakup juga pembentukan Majelis Rakyat Papua di setiap provinsi, yang akan ikut memberikan rekomendasi bagi para calon anggota legislatif.

"Di luar dari aspek prosedural terkait Pemilu, Deputi V Kepala Staf Kepresidenan juga menekankan bahwa untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024, situasi keamanan di 6 provinsi di wilayah Papua dipastikan aman serta kondusif," jelasnya.

Dari rapat koordinasi itu juga disimpulkan bahwa keseluruhan pemerintah daerah terkait beserta komponennya siap untuk melaksanakan pemilu dan akan selalu berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemerintah pusat.

"Bahwa sesuai amanat Undang-Undang Pemilu yang selalu ditegaskan dalam berbagai arahan Presiden Joko Widodo, maka seluruh wilayah Indonesia akan melaksanakan Pemilu pada tahun 2024," tutupnya.