Pimpinan GEKRAFS dan Pelaku Ekonomi Kreatif Indonesia Gelar Temu Akbar dalam Rakornas di Jakarta

MUS • Saturday, 4 Mar 2023 - 14:41 WIB

Jakarta - Empat tahun hadir di Indonesia, Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) menggelar pertemuan akbar dengan para pelaku ekonomi kreatif di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, Jumat (3/3).

GEKRAFS merupakan wadah inisiatif publik untuk pengembangan sektor ekonomi kreatif (EKRAF) di Indonesia. Gerakan ini didirikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bersama Kawendra Lukistian beserta para pengurusnya seperti Prilly Latuconsina, Hikmal Abrar, Tika Ramlan, Laja Lapian, Yanti Adeni, Temi Sumarlin, dan Erwin A Soerjadi. 

GEKRAFS yang diketuai Kawendra Lukistian ini sudah berusia empat tahun dan baru saja melakukan pertemuan akbar para pelaku ekonomi kreatif dari seluruh Indonesia di Hotel Sultan, Jakarta. 

"Pertemuan para pelaku ekonomi kreatif ini adalah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) 2023. Rakornas menjadi tempat komunikasi DPW dan DPC mengasah gagasan dan ide program yang akan dijalankan setahun ke depan," ujar Kawendra.

"Salah satu ide untuk itu, GEKRAFS Mendorong Hari Ekonomi Kreatif sebagai Hari Nasional (HEKRAFNAS), yang menjadi tanda penghargaan untuk para pelaku EKRAF dan penanda hadirnya negara untuk membangkitkan pemulihan ekonomi secara nasional dan dalam mendorong Indonesia sebagai pusat peradaban ekonomi kreatif dunia," lanjut Kawendra. 

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco yang juga sebagai Ketua Dewan Penasehat DPP GEKRAFS dalam sambutannya mengatakan, "Para capres cawapres yang punya visi misi besar untuk kebangkitan ekonomi Indonesia harus bergabung bersama GEKRAFS, untuk mewujudkan visi tersebut".

Noval sebagai Ketua Komite RAKORNAS GEKRAFS 2023 memandang bahwa semangat GEKRAFS adalah untuk memperjuangkan pelaku ekonomi kreatif mendapatkan kelayakan hidup dan juga menjadikan Indonesia yang berpotensi besar sebagai pemimpin ekonomi kreatif global.

"Sejalan dengan semangat kebangkitan ekonomi kreatif yang adaptif, inovatif, kolaborasi, dan kreativitas, kami yakin bahwa ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia. Harapan GEKRAFS adalah mewujudkan sebuah ekosisten ekonomi kreatif terbaik di dunia yang memperjuangkan kesejahteraan para pelakunya," kata Noval. 

Rakornas ini menjadi forum nasional yang mempertemukan para pelaku 17 subsektor ekonomi kreatif  dan pengurus GEKRAFS dari 32 provinsi, 215 kabupaten/kota yang beranggotakan lebih dari 30.000 para pelaku ekonomi kreatif.

Rakornas GEKRAFS 2023 dibuka oleh Sufmi Dasco sebagai Ketua Dewan Penasehat, Donna Abdul Latief sebagai Ketua Dewan Pakar, dan Ivan Gunawan sebagai Anggota Dewan Pakar. 

Beberapa selebritas juga bergabung di GEKRAFS dan menjadi wakil ketua umum yaitu Prilly Latuconsina, Tika Ramlan, Himal Abrar, Ivan Gunawan sebagai Dewan Pakar, Ferry Ardiansyah sebagai Ketua Bidang Event dan Sosialisasi Program, Fauzi Baadilah sebagai ketua BANOM Kepedulian Sosial, ada juga Ifan Seventeen yang menjadi Ketua BAKOMINFO DPP, yang beranggotakan Selvi Kitty, Wahyu Slow, Tiwi T2, Ade Govinda, Melody Ex-JKT48, Nabilah Ayu ex-JKT49 , Putri Una, Adji Icha Jikustik, Umaru Takaeda, dan lainnya. 

Sebagai rangkaian acara juga ada ICREFS (Indonesia Creative Economy Festival) yang diadakan di FX Sudirman 3-5 Maret 2023  yang diharapkan mampu menjadi katalisator dalam memberikan kesempatan yang sama untuk seluruh para pelaku EKRAF, seperti musisi-musisi dari daerah yang didorong untuk tampil di festival. Selain itu juga ada gelaran stand bazaar EKRAFS.