Anies Resmi Diusung Demokrat, Relawan Perubahan Gencar Rekrutmen Untuk Perluas Jangkauan

MUS • Friday, 3 Mar 2023 - 17:56 WIB

Jakarta - Setelah partai Nasdem dan PKS deklarasi, kini partai Demokrat menyusul untuk mengusung Anies Baswedan secara resmi sebagai bakal calon presiden, berdasarkan keputusan Majelis Tinggi Partai. Koordinator Nasional Relawan Perubahan, Kamaludin Enuh menanggapi dukungan tersebut dengan rasa bersyukur.

Menurutnya kini tinggal menyusun strategi untuk memperluas jangkauan Relawan Perubahan dalam mengawal agar Langkah Anies Baswedan di pemilu 2024, berjalan lancar, damai dan demokratis.  

“Alhamdulillah ya, Sekarang gabungan parpol koalisi perubahan semakin lengkap. Tinggal nanti bagaimana kami juga baru saja menyusun petunjuk teknis dan pelaksanaan bagi masyarakat khususnya generasi muda yang ingin bergabung, bersama kami untuk menegakan demokrasi yang damai, transparan dan berkeadilan di pemilu 2024 kelak.  Targetnya nanti setiap relawan bisa ikut mengawal di setiap TPS di setiap daerah untuk memastikan tidak ada kecurangan,” ucap Kamaludin.

Terkait nama bakal calon wakil presiden yang kabarnya akan diumumkan pada saat deklarasi bersama Koalisi Perubahan sebelum bulan Ramadhan ini, Kamaludin menekankan, pihaknya sebagaimana ketiga parpol pendukung, telah menyerahkan pilihan siapa yang akan menjadi cawapres kepada Anies.

Karena menurutnya, Anies yang paling tahu sosok seperti apa yang ia butuhkan untuk mendampinginya mempimpin perubahan Indonesia, jika terpilih nantinya.

“Memang sepertinya sejumlah nama yang layak sudah dikaji oleh  tim kecil di Koalisi Perubahan, tapi seluruh kewenangan penentuan bakal cawapres diserahkan kepada mas Anies. Yang terpenting sosok yang terpilih benar-benar bisa ikut merealisasikan perubahan dan perbaikan untuk masyarakat Indonesia, dan memiliki elektabilitas mumpuni. Anies sebagai yang diberikan mandat untuk memimpin perubahan tersebut, pastilah yang paling tau sosok seperti apa yang ia butuhkan nanti,” imbuhnya.

Meski situasi politik jelang 2024 masih bersifat dinamis, Kamaludin tetap mengajak seluruh masyarakat yang berminat, bisa segera bergabung dalam Relawan Perubahan, untuk mempersolid dukungan bagi Anies, dan calon wakil presiden yang diusung kelak.

“Siapapun yang terpilih mendampingi, itu urusan mas Anies, dan koalisi Perubahan. Yang terpenting bagi kami sekarang adalah menyatukan dukungan untuk memperkuat jaringan Relawan Perubahan. Kami terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, tanpa ada batasan, meski yang tadinya berbeda pilihan, dan sekarang ingin bergabung kami membuka pintu silaturahmi sebesar-besarnya,” tandas Kamaludin diakhir pernyataannya.